Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 28 December 2017

Di India, Pria Jatuhkan Talak Tiga Terancam Tiga Tahun Penjara


Di India, Pria Jatuhkan Talak Tiga Terancam Tiga Tahun Penjara

islamindonesia.id – Di India, Pria Jatuhkan Talak Tiga Terancam Tiga Tahun Penjara

 

Pemerintah India mengajukan undang-undang baru yang memungkinkan para suami yang menceraikan istrinya secara instan, dengan menjatuhkan talak tiga, untuk dipenjara.

Para wanita di negara tersebut keberatan dengan talak tiga karena dianggap melanggar kesetaraan.

Sejumlah wanita Muslim mengajukan petisi ke Mahkamah Agung, mengemukakan bahwa praktik menceraikan istri yang dilakukan oleh kaum pria hanya dengan mentalak tiga, termasuk melalui Skype dan Whatsapp, tidak hanya melanggar hak mereka tetapi juga menyebabkan banyak wanita hidup dalam kemiskinan.

“Hanya hukumlah yang bisa secara eksplisit melarang talak tiga, kita harus menegakkan prosedur hukum guna memberikan tunjangan dan melindungi hak asuh anak,” kata Menteri Hukum India Ravi Shankar Prasad seperti dikutip dari Reuters, Kamis (28/12/2017).

Jika disetujui, undang-undang tersebut akan menjadikan praktik talak tiga sebagai sebuah pelanggaran tanpa bisa dibantah dengan kemungkinan hukuman tiga tahun penjara.

Muslim merupakan kaum minoritas berjumlah terbesar di India yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Hubungan antarkedua komunitas ini menegang sejak Perdana Menteri Narendra Modi dan Partai Nasionalisnya Bharatiya Janata memenangkan pemilu pada 2014 lalu.

India merupakan satu dari sejumlah negara dengan praktik perceraian instan masih terjadi dan sejumlah golongan kaum Muslim mengatakan bahwa meskipun hal tersebut salah, peraturan terkait hal ini harus dievaluasi sendiri oleh komunitas tersebut.

Anggota Dewan All India Muslim Personal Law Board mengatakan pemerintah tidak punya hak untuk melarang penjatuhan talak tiga karena hal itu merupakan pandangan pribadi tiap Muslim.

Aturan-aturan di India didesain untuk melindungi kemerdekaan beragama. Namun, tidak seperti kebanyakan hukum sipil Hindu yang banyak direformasi, hukum pribadi Muslim cenderung tidak disentuh.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *