Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 28 May 2015

Di Hadapan Duta Asing, Menteri Susi Tegaskan Visi Maritim


122552020150421-095810780x390

“Hari ini saya ingin mengingatkan misi pemerintah adalah membuat Indonesia menjadi negara maritim yang lebih kuat setelah selama ini kami lebih kerap disebut sebagai negara agrikultur,” kata Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti, mendedah visi maritim pemerintahan Presiden Joko Widodo saat bertemu kalangan duta besar negara-negara Eropa dan Amerika di Jakarta, Kamis.
Menurut Susi, kunci utama dari visi pemerintah itu bergantung pada keberlanjutan program pembangunan di sektor maritim yang notabene lanterabaikan. “Keberlanjutan penting karena pertumbuhan tidak hanya untuk satu generasi, tetapi ratusan generasi mendatang,” katanya.

Dalam pidato yang sama, Susi juga menyinggung gelombang kedatangan imigran Rohingya dan Bangladesh ke daerah Aceh yang, menurutnya, bermiripan dengan fenomena banjir imigran asal Afrika ke Eropa via perairan Mediterania.

“Semua mereka mencari penghidupan yang lebih baik yang tidak didapat di negara asal mereka,” katanya seperti dilansir Antara.

Menurut Susi, Indonesia masih perlu belajar banyak soal pengelolaan kekayaan maritim ke sejumlah negara sahabat di Asia Tenggara, seperti Singapura, Vietnam, dan Thailand. Ini lantaran kemampuan mereka menggenjot  ekspor komoditas perikanan yang lebih besar dibandingkan dengan Indonesia, meski luas perairan mereka jauh lebih sempit. 

 MH/Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *