Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 27 December 2014

Di Cengkareng, Polisi Cegat 6 Penumpang Maskapai Asing


Polisi menangkap enam orang calon penumpang sebuah maskapai asing di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu dini hari, dalam sebuah penyelidikan terkait kemungkinan mereka menyusup ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok Islamic States of Iraq and Syria.

Bila benar, ini jadi kali pertama polisi menggagalkan keberangkatan ‘simpatisan’ ISIS di tengah klaim ratusan warga Indonesia berhasil menyusup ke Suriah untuk bergabung jadi kombatan ISIS.

Informasi polisi yang sampai ke redaksi Islam Indonesia menyebutkan penangkapan terjadi jelang subuh di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta.

Keenam calon penumpang sedianya meninggalkan Jakarta via maskapai Qatar Airways dengan nomer penerbangan 959 pada Sabtu pagi.

Informasi polisi menyebutkan mereka tidak mengantongi identitas apapun kecuali paspor.

Lima di antaranya terbitan imigrasi Makassar dan satu keluaran imigrasi Palu.

Dari enam calon penumpang, tiga di antaranya merupakan satu keluarga — ayah, ibu dan seorang anak usia 10 tahun.

Paspor mereka terbit bersamaan pada 6 November 2014 di Makassar.

Penelusuran Islam Indonesia mendapati Qatar Airlines Flight 959 merupakan pesawat penerbangan langsung Jakarta-Doha.

Maskapai tak melayani rute lanjutan ke Damaskus, Suriah.

Dari Jakarta, penerbangan ke Damaskus, berjarak 8.574 kilometer itu, hanya bisa ditempuh via rute Jakarta-Dubai, Dubai-Damaskus.

Sementara itu, Suriah juga tidak melayani visa on arrival bagi pendatang dari Jakarta. Turis yang ingin berkunjung ke Suriah harus memperoleh visa via Kedutaan Suriah di Jakarta atau secara online.

Hal serupa berlaku untuk warga Indonesia yang berniat singgah di Doha.

Fakta ini bisa jadi menggiring polisi menggali lebih dalam seputar bagaimana ‘rombongan kecil’ dari Makassar itu bisa mengantongi visa Qatar dan, bila benar, bagaimana rencana dan rute mereka menyelusup ke Suriah.

Kabar yang beredar menyebutkan Turki merupakan destinasi favorit ‘jihadis’ asing yang ingin bergabung ke ISIS.

Berbatasan langsung dengan Suriah, otoritas keamanan Turki disebut-sebut kerap main mata dengan legiun jihad asing yang ingin menyusup ke Suriah.

Pencegatan di Cengkareng berselang pekan lepas polisi Malaysia menangkap 12 orang warga Indonesia yang dituduh hendak menyusup ke Suriah.

?AR/Islam Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *