Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 23 March 2017

Desainer Hijab Ria Miranda, Siap Wakili Indonesia di Kancah Dunia


Desainer Hijab Ria Miranda, Siap Wakili Indonesia di Kancah Dunia

islamindonesia.id – Desainer Hijab Ria Miranda, Siap Wakili Indonesia di Kancah Dunia

 

Banyak desainer hijab yang meningkatkan eksistensi di dunia internasional. Kini Ria Miranda menjadi salah satunya. Melalui program Indonesia Fashion Forward (IFF), Ria akan pamer karya di luar negeri. Korea Selatan menjadi negara pertama bagi desainer berdarah Sumatera Barat itu untuk memulai langkah ke kancah internasional di 2017.

Ria rencananya akan menampilkan koleksi terbarunya di ajang bergengsi Korea Selatan yakni Fashion Kode 2017. Mewakili Indonesia, Ria menjadi desainer hijab pertama yang menampilkan busana hijab di perhelatan tersebut.

“Khususnya Indonesia jadi yang pertama kali, sebelumnya belum ada, IKYK modest wear tahun lalu tapi nggak pakai kerudung. Ria yang nanti pertama tampil full hijab. Saya harap modest wear Indonesia bisa diterima di sana,” jelas Ai Syarief selaku Creative Director Advisor JFW saat ditemui di Lewis & Caroll Restaurant, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (22/3/2017).

Meski sebelumnya sudah membuka butik di Malaysia namun ini yang pertama bagi Ria ikut perhelatan mode internasional. Ia mengaku cukup gugup namun antusias. Ria pun bersyukur dipercaya mewakili Indonesia menampilkan karya dalam ajang yang digelar di Prugio Valley, Seoul, Korea, mulai 28 Maret hingga 30 Maret 2017, itu.

“Deg-degan juga sih, awalnya aku bingung pas ditawari karena Ria tuh nggak Korea banget. Ria coba belajar dan survei seperti apa busana Korea itu ternyata Korea juga jadi kiblat fashion juga sekarang, apalagi modest wear menjadi sesuatu yang baru di sana, jadi senang sih,” papar Ria.

Setelah melakukan survei selama satu bulan, Ria memutuskan untuk menyuguhkan koleksi terbaru yang berbeda. Tidak hanya menampillan look yang feminin tapi juga maskulin seperti setelan palazzo dan blouse longgar. Sentuhan warnanya juga lebih bold dengan adanya palet hijau lumut dan mustard.

Ria mengaku terinspirasi dari gaya busana setelah terjadinya Perang Dunia ke-2. Siluet era ’70-an akan tercipta dalam koleksi untuk label riamiranda Signature itu. Gaya kerudungnya juga memperlihatkan tampilan wanita di zaman kuno, di mana penerapannya masih terlihat sedikit rambut. Namun Ria mengganti tampilan ‘rambut’ tersebut dengan perpaduan dua scarf berbeda.

Sementara aksen pita pada gaya kerudungnya disesuaikan dengan budaya berbusana di Korea yang eksentrik. Wanita yang pernah mendapatkan dua nominasi Influencer Asia 2017 itu juga memadukan style Korea dan Indonesia.

“Aku padukan two pieces misalnya untuk atasannya, headscarf juga dibuat lebih ada styling bunga, styling busananya juga disesuaikan seperti wanita Korea,” tambah wanita yang kepergiannya ke Negeri Ginseng itu juga didukung oleh Wardah dan HijUp.

Selain gaya kerudung, Ria bermain dengan potongan layering atau bertumpuk. Tertuang detail unik yang terinspirasi dari kelopak bunga pada beberapa rangkaian busananya. Permainan cutting yang asimetris memberikan tampilan menarik di koleksi tersebut. Belum lagi item seperti celana cutbray, coat, serta berbagai outerwear yang cocok dipakai selama musim dingin.

Menggunakan material seperti suede, double face satin, hingga katun, Ria akan menampilkan 15 koleksi Fall/Winter 2017 pada 30 Maret 2017 di Fashion Kode 2017, Korea Selatan. Setelah mempersiapkannya selama kurang lebih enam bulan, Ria mengatakan rancangannya telah rampung. Ia berharap karyanya bisa diapresiasi masyarakat Korea.

“Deg-degan juga tapi semoga bisa diterima di sana, alhamdulillah banyak juga media sana yang sudah confirm mau datang,” katanya lagi.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *