Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 10 September 2014

Daya Tarik Mekkah


Makkah Clock Tower

Perusahaan jasa travel haji nampaknya akan menaikkan tarif haji plusnya. Pasalnya, salah satu gedung tertinggi dunia, Makkah Clock Tower (a.k.a Menara Abraj Al Bait) akan dibuka untuk umum dalam beberapa bulan kedepan. Dan tawaran untuk mengunjungi apalagi menginap di salah satu gedung tertinggi di dunia jelas tidak akan dilewatkan oleh calon jemaah haji.

Menara Abraj Al Bait atau Kompleks Abraj Al Bait adalah sebuah kompleks bangunan yang terletak di kota Mekkah, Arab Saudi. Kompleks bangunan ini dirancang oleh para arsitek dari Dar Al Handasah Architects dan pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh Saudi Binladin Group. Lokasi menara ini berada di seberang jalan Masjidil Haram, salah satu masjid suci umat Islam.

Jam raksasa Mekkah dibangun di atas tower tertinggi dari tujuh tower yang dibangun atas sumbangan raja Abdul Aziz.

Dengan menghadap Masjidil Haram, menara setinggi 601 meter ini adalah gedung tertinggi keempat di dunia.

Akan ada tiket untuk naik ke puncak dan melihat jam dari dekat. Prosedur ini akan diberlakukan setelah musim haji 2014, seperti dilansir situs resminya.

“Menara jam telah menghidupkan bisnis kami selama tiga tahun terkahir,” kata Abbas Subhi, manajer pemasaran hotel.

“Banyak pengunjung datang hanya untuk tinggal di atas supaya dapat menikmati panorama Masjidil Haram,” tambahnya.

Dengan total biaya 15 miliar dolar, Raja Abdul Aziz memesan menara jam terbesar untuk dibangun di kota suci Mekkah pada tahun 2004.

Diameter jam raksasa ini mencapai 39 meter. Lafadz Allah pun tertulis di keempat sisinya.

Kompleks ini diisi berbagai fasilitas seperti  pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan ruang beribadah yang sanggup menampung hingga 10.000 orang.(Bahesyti/eturbonews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *