Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 15 August 2018

Dari Perbatasan Yaman ke Mekah, Osman Jalan Kaki 450 KM untuk Berhaji


islamindonesia.id – Dari Perbatasan Yaman ke Makkah, Osman Jalan Kaki 450 KM untuk Berhaji

 

 

 

Seorang Muslim Saudi, Osman Alshahin, berjalan kaki sepanjang 450 kilometer lebih untuk menunaikan ibadah haji di kota suci Makkah. Ia menempuh perjalanan selema sepuluh hari dari Bisha, Asir, selatan Saudi.

“Perjalanan saya ini sekaligus mengajak masyarakat untuk berjalan kaki karena ini bagus untuk kesehatan,” kata Osman seperti dilansir surat kabar Sabq dan dikutip aboutislam.net, 14 Agustus.

Ia berjalan dari kampung halamannya di provinsi perbatasan Yaman ke Makkah dengan menyicil jarak tempuh 45 kilometer per hari. Sesampainya di tujuan, Osman disambut dengan jamuan khusus oleh para pesepeda dan pejalan kaki.

Sepanjang perjalanan, Osman bertemu dengan banyak orang yang mempertanyakan sikapnya memilih jalan kaki menuju Makkah. Ia pun menggunakan kesempatan itu untuk menyebarkan pesan ihwal kesehatan dan kebugaran.

Namun Osman bukanlah orang pertama kali menempuh perjalanan jauh ke Makkah dengan berjalan kaki. Enam tahun lalu, Senad Hadzic, seorang Muslim Bosnia juga menempuh cara yang sama. Senad menempuh 5.900 kilometer dari Bosnia menuju Makkah.

Pada 2017, Mochammad Khamim, seorang Muslim Indonesia bahkan berjalan kaki lebih daripada sembilan ribu kilometer selama setahun dari Pekalongan, Jawa Tengah.

Menariknya, Khamim ternyata bisa tiba lebih cepat dari perhitungan matematis. Dalam hitung-hitungan jarak berjalan per hari, Khamim menargetkan akan tiba di Kota Makkah tanggal 30 Agustus 2017, atau sebelum Wukuf. Faktanya, dia lebih cepat sampai di Kota Makkah dari yang diperhitungkannya. Dalam postingan di Facebook, Kamis 27 Juli 2017, Khamim sudah berfoto dengan background Kabah di Masjidil Haram dengan mengenakan pakaian ihram.

Dalam postingan itu tertulis: Muhammad Khamim (28), pemuda asal Wonopringgo, Kab. Pekalongan yang berjalan kaki dari Pekalongan menuju Makkah selama berbulan-bulan ini, alhamdulillah dia sudah sampai di Makkah untuk menjalankan ibadah haji.

 

 

YS/EH/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *