Satu Islam Untuk Semua

Friday, 01 May 2015

Dari Jakarta hingga Ambon, Hari Buruh Berlangsung Damai


Demo buruh di depan Istana Negara.

Hari Buruh 1 Mei momentum kebersamaan antara pengusaha dan pekerja, kata menteri, samar menjanjikan peningkatan kesejahteraan kaum buruh.

“Saya ucapkan selamat Hari Buruh. Ini perayaan kita semua yang harus dimanfaatkan agar bisa mengoptimalkan untuk peningkatan kesejahteraan,” kata Menteri Tenaga Kerja Muhammad, Hanif Dhakiri, di Jakarta hari ini.

Jakarta

Polisi menutup arus lalu lintas di jalan poros Sudirman-Thamrin seiring kehadiran puluhan ribu buruh dari berbagai sentra industri di pinggiran kota. Demonstrasi berpusat di Bundaran Hotel Indonesia sejak pagi hari. Siangnya, sebagian demonstran shalat Jumat bersama Kepala Polisi Badrodin Haiti dan Menteri  Hanif di lapangan Monumen Nasional.

Ambon

Hari buruh di Ambon, Maluku,  diwarnai dengan serangakaian program sosialisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) kesehatan dan ketenagakerjaan. Tidak ada demonstrasi di Ambon, semua buruh berkumpul di  Lapangan Merdeka mengikuti kegiatan jalan santai serta sosialisasi BPJS.

Aceh

Ratusan pekerja yang tergabung dalam Aliansi Buruh Aceh menggelar aksi damai memperingati hari buruh internasional. Longmarch pekerja berawal dari depan Masjid Raya Baiturrahman menuju bundaran Simpang Lima, Banda Aceh.

Makassar

Di Makassar, hari buruh diwarnai dengan suka cita. Sebanyak 7.000 buruh hadir di Lapangan Karebosi. Kegiatan yang dilakukan buruh antara lain senam sehat, tarik tambang, bagi-bagi hadiah, donor darah, bursa kerja, dan pameran batu akik.

Magelang

Di Magelang hari buruh dirayakan dengan jalan santai. Sekitar 5.000 buruh beserta keluarga ikut meramaikan jalan sehat yang dilepas oleh Gubernur Jawa Ganjar Pranowo. Perjalanan yang ditempuh sekitar lima kilometer di area kompleks Candi Borobudur.

Palembang

Buruh di Palembang melakukan aksi damai di Monumen Perjuangan Rakyat. Setelah menyampaikan orasi seputar kesejahteraan bagi para buruh, rombongan melakukan jalan kaki di kawasan Jalan Jenderal Sudirman dan membubarkan diri dengan tertib.

(Ami/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *