Satu Islam Untuk Semua

Friday, 12 July 2013

CSM: AKP Turki Miliki Hubungan Istimewa Dengan Ikhwanul Muslimin


Christians Science Monitor (CSM) menyatakan pemakzulan Presiden Muhammad Mursi  di Mesir telah menciptakan guncangan hebat di  kalangan atas Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP)  yang saat ini tengah berkuasa di Turki. Bukan rahasia lagi jika AKP di Turki memiliki hubungan ideologis dengan Partai Kebebasan dan Keadilan (FJP) sebagai sama-sama partai yang mengusung ide-ide Ikhwanul Muslimin.

Dalam sebuah laporan yang dilansir Alalam pada Kamis (11/7),  salah satu harian terkemuka di Amerika Serikat (AS) tersebut melaporkan berbagai pernyataan pedas dan keras dilontarkan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan terkait penggulingan Mursi dan ini semua mengindikasikan bahwa para pemimpin Ankara memang memiliki hubungan erat dengan Ikhwanul Muslimin.

Saat menyinggung investasi besar partai berkuasa Turki di Mesir pada era pemerintahan Mursi dan dukungan politik dan finansial partai tersebut terhadap pemerintah terpilih pertama Mesir, CSM  menyebut  partai berkuasa Turki memiliki pokok ideologi yang sama dengan pemerintahan Mursi yang didukung Ikhwanul Muslimin.

“Perdana Menteri Turki mengkritik keras pelenggeseran Mursi itu seolah partainya yang sedang diserang. Apalagi pemerintahan sebelumnya di Turki juga memiliki kecenderungan terhadap Islamisme dan sama-sama pernah menghadapi ancaman berbagai kudeta militer.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *