Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 22 January 2015

Corak Islam Indonesia Moderat & Damai, Kata Menteri


Menag Lukman Hakim.

Mayoritas Muslim di Indonesia menganut pemahaman agama yang damai dan moderat, kata Menteri Agama, meyakinkan diplomat Amerika Serikat pada kemampuan pemerintah dan masyarakat menjaga keragaman dan menahan laju ekstrimisme.

“Meski mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia bukanlah negara Islam. Indonesia juga bukan negara sekuler yang memisahkan agama dan negara. Itulah salah satu kekhasan negara kami,” kata Menteri Lukman Hakim Saifudin dalam sebuah pertemuan dengan Duta Besar Amerika di Jakarta kemarin.

Menurut menteri, Islam adalah  jiwa Nusantara sejak beratus tahun silam namun para pendiri bangsa memilih tidak mengadopsi konsep negara agama di tengah fakta kemajemukan bangsa.

“Di tengah-tengah kemajemukan dan keragaman, kami mempunyai budaya tepo seliro, yakni perpaduan antara toleransi dan tenggangrasa. Toleransi adalah bagaimana kita bisa menjaga perasaan diri terhadap perbuatan orang lain di tengah-tengah lingkungan kita yang berbeda dan majemuk. Sedang tenggang rasa merupakan kemampuan kita dalam menjaga perasaan orang lain atas perbuatan yang akan kita lakukan,” katanya.

Dia optimistis gerakan radikal dan ekstrimisme berjubah agama tak bakal dapat tempat di Indonesia.

“Paham keagaaman mayoritas masyarakat Indonesia sifatnya moderat dan damai,” katanya menegaskan.

(MA/Antara News)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *