Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 21 September 2014

Coklat Bukan Obat Stress


Melahap camilan penenang saat stress

Jika Anda menginginkan cokelat atau permen  ketika sedang stres, mungkin sudah saatnya mengakhiri kebiasaan tersebut. Menurut sebuah studi baru, mengkonsumsi “camilan penenang” tidak benar-benar membuat kita merasa lebih baik.

Menurut tim peneliti Universitas Minnesota, stres akan segera hilang dari waktu ke waktu, tak peduli apakah Anda mengkonsumsi makanan tersebut atau tidak.

Mereka menemukan bahwa hal tersebut sama efektifnya dengan meditasi (duduk dan mengambil napas dalam-dalam).

“Seseorang mungkin  mengkonsumsi ‘camilan penenang’ yang berefek pada suasana hati, tapi ketenangan hati  akan terjadi bahkan tanpa adanya ‘camilan penenang’ tersebut,” kata psikolog Traci Mann.

Penelitian ini melibatkan 100 siswa yang menonton sebuah klip video berdurasi 18 menit hingga membuat mereka merasa emosi, takut, cemas, dan sedih. Selanjutnya, mereka diberi berbagai pilihan ‘camilan penenang’ , termasuk cokelat, es krim dan kue.

Kemudian, mereka diuji lagi dengan tontonan yang sama tapi tidak diberi ‘camilan penenang’. Para peneliti menemukan bahwa suasana hati peserta penelitian jadi lebih baik dari waktu ke waktu tanpa memakan ‘camilan penenang’ tadi.

(Asri/koreatimes.co.kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *