Satu Islam Untuk Semua

Monday, 26 May 2014

Cincin Penguasa Muslim Berukir Dewa Hindu Laku Dilelang


foto:BBC

Seorang jenderal Inggris mengambilnya dari sang sultan saat ia mangkat.

 

SEBUAH cincin  berukir nama dewa Hindu yang ditenggarai merupakan salah satu harta milik penguasa Muslim India pada abad ke-18 akhirnya terjual dalam lelang di London. Demikian seperti diberitakan oleh BBC pada Jumat (23/5).

Perhiasan tangan milik Sultan Fateh Ali Tipu yang lebih dikenal sebagai  Sultan Tipu, raja Muslim India, terjual seharga £145.000 atau sekitar Rp2,8 miliar oleh rumah lelang Christie. Sultan Tipu dikenal sebagai salah satu pejuang India yang gigih berjuang melawan kekuasaan Inggris.

Cincin itu sendiri jatuh ke tangan seorang jenderal Inggris.  Diperkirakan  perhiasan tersebut diambil sang jenderal saat Sultan Tipu meninggal pada akhir perang Srirangappattinam (1799). Perhiasan seberat 41,2 gram itu terjual kepada seseorang yang tidak disebutkan namanya hampir 10 kali lipat lebih tinggi dari perkiraan di rumah lelang di London, menurut Christie dalam situs mereka.

Ram, nama  salah satu dewa Hindu terukur di cincin itu dalam bahasa Devanagri. Banyak kalangan sejarawan menyebutkan ada kemungkinan sang raja memiliki hubungan yang baik dengan kalangan Hindu.

“Secara mengejutkan cincin itu mencantumkan nama Dewa Hindu dan dikenakan oleh pejuang besar Muslim,” tulis sebuah pengantar dalam catatan pelelangan tersebut. (hj)

 

Sumber: BBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *