Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 10 May 2015

CHIP, Komputer Serba Bisa Harga 9 Dollar


chip

Komputer dengan fitur canggih dengan harga puluhan juta mungkin sudah biasa dan banyak beredar di pusat perbelanjaan ataupun toko elektronik. Yang menjadi luar biasa ketika komputer memiliki fitur serba bisa, berukuran kecil, mudah dibawa dan yang lebih menarik lagi dengan harga yang relatif murah.

Inovasi itu kini hadir. Sebuah kelompok dengan 9 anggota di Oakland, California, berinovasi menciptakan perangkat keras dengan fitur beragam seharga 9 dollar atau Rp100.000 dengan kurs Rp10.000/dollar, yang mereka beri nama chip.

Chip merupakan suatu perangkat keras berbentuk persegi panjang dengan ukuran sepanjang kelingking orang dewasa (4 cm x 6 cm). Chip memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat dikoneksikan ke berbagai perangkat misal laptop, alat musik, televisi.

deb35ad84fa539a0437f26c8104bb53e_original

Chip dapat disambungkan pada komputer

Tidak hanya itu, chip juga mampu mengoperasikan LibreOffice yang memungkinkan membuat atau menyunting dokumen, menjelajahi dunia maya dengan WIFI, memainkan games yang terhubung dengan Bluetooth, menyimpan data, membuat animasi dan masih banyak lainya.

Chip juga dapat dioperasikan kedalam Pocket Chip, yang merupakan layar sentuh juga dengan tombol qwerty. Dengan pocket, Chip dapat dijalankan dimana dan kapan saja. Pocket chip mampu tahan hingga 5 jam. Rupanya inovator memperhatikan setiap detil desain pocket, mereka membuat lubang pada bagian bawah pocket sebagai tempat memasukakan benda penyangga (dapat berupa pensil) sehingga pocket dapat berdiri tegak diatas meja.

Pocket chip

Pocket chip

Kickstarter (situs tempat chip diiklankan) merupakan salah satu situs yang mungkin cocok bagi anda yang memilik kemampuan ataupun ide dalam penciptaan suatu produk inovasi tetapi terhambat karena dana. Nantinya produk dan total dana yang dibutuhkan akan “diiklankan” sehingga pembaca yang tertarik bersedia berinvestasi dalam penciptaan produk. Dan, pada akhirnya, dana kini tidak menjadi hambatan.

Chip, pocket chip beserta komponen lainya dijual secara terpisah.

Spesifikasi Chip dan Pocket Chip:

  • Memori 4 GB
  • 512 Mb RAM
  • 1 GHz Processor
  • 11 B/G/N WIFI
  • 4.0 Bluetooth
  • Baterai 3,000 mAH
  • Layar sentuh 4.3″ 470px x 272px
  • Tombol QWERTY
  • GPIO breakouts

 

(Ami/Kickstarter)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *