Satu Islam Untuk Semua

Friday, 28 April 2017

China Larang Nama ‘Muhammad’ dan Nama Islami Lain untuk Warganya


islamindonesia.id – China Larang Nama ‘Muhammad’ dan Nama Islami Lain untuk Warganya

 

China melarang pemberian nama “Muhammad” atau nama lain yang berbau Islami kepada warga di kawasan yang mayoritas penduduknya Muslim seperti Xinjiang.

Di wilayah Xinjiang masyrakatnya kebanyakan merupakan orang tua etnik yang merupakan suku Uighur yang menjadi minoritas di China.

Langkah tersebut merupakan upaya pengawasan menyeluruh terkini yang diberlakukan di Xinjiang, yang menurut pihak berwenang ditujukan utuk mengontrol penyebaran ekstremisme keagamaan.

Para analis mengatakan, pendekatan keras terhadap Muslim itu tidak hanya membakar semangat oposisi di Xinjiang, namun juga memicu kebencian etnis secara nasional.

Menurut sejumlah aktivis Uighur, ada sekitar 30 nama yang dilarang digunakan, termasuk “Jihad,” “Medina” dan bahkan “Yultuzay,” atau simbol bulan-bintang dalam ajaran Islam.

Mereka yang melanggar ketentuan itu akan dicabut dari daftar keluarga yang dicatat pemerintah, yang berarti tidak akan mendapat akses ke tunjangan sosial, layanan kesehatan dan pendidikan di China.

Michael Clarke, dosen di Australian National University, mengatakan, melalui larangan itu dan langkah-langkah lain sebelumnya untuk meningkatkan pengawasan terhadap Uighur, China secara aktif menindas identitas kelompok minoritas Muslim tersebut.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *