Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 18 June 2019

Cerita Komjen Suhardi Alius Kagumi Buya Syafi’i


Islamindonesia.id-Cerita Komjen Suhardi Alius Kagumi Buya Syafi’i

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius, mengaku kagum kepada tokoh senior Muhammadiyah Ahmad “Buya Syafi’i” Ma’arif. Hal itu ia nyatakan di depan Buya Syafi’i ketika keduanya meninjau lokasi pembangunan kampus baru Madrasah Muallimin Muhammadiyah di Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

“Sampai-sampai saya beberapa kali naik sepeda dan kereta api karena melihat Buya yang rajin berseada,” kata Suhardi seperti dilansir Suaramuhammadiyah.id, 16 Juni.

Mantan ketua umum Muhammadiyah itu memang dikenal rajin bersepada. Kegiatannya itu semakin populer ketika seorang warga memotret Buya bersepeda seorang diri, melewati pematangan sawah, menuju rumahnya di pinggiran kota Yogyakarta. Foto itu pun menjadi sorotan publik di media sosial.

Ketika itu Buya pulang dari seminar bedah buku yang menjadikan ia salah satu narasumber. Lepas acara, ia membeli buku di depan gedung tempat seminar, memasukkannya ke kantong plastik dan membawanya pulang sembari bersepeda.

Guru besar sejarah Universitas Negeri Yogyakarta itu juga pernah tertangkap kamera ketika duduk di kursi penumpang kereta cepat Jakarta (KRL) sembari memegang tongkanya. Ketika itu, Buya berangkat ke Universitas Indonesia Depok untuk memenuhi undangan suatu acara.

Suhardi mengatakan, kesederhanaan Buya telah menginspirasi dirinya. Di usianya yang ke-84 tahun, Buya masih saja giat beraktifitas untuk bangsa dan Muhammadiyah. Menurut Suhardi, Buya adalah contoh sosok yang telah selesai dengan dirinya sendiri.

Dalam obrolan itu, Buya hanya membalas pujian itu dengan nada canda. “Doyan kambing muda, kan?” tanya Buya kepada Suhardi. “Saya yang traktir,” lanjut Buya. Sontak orang-orang yang bersama keduanya tertawa.[]

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *