Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 30 May 2018

Cendekiawan Muslim Dawam Rahardjo Tutup Usia


Cendekiawan Muslim Dawam Rahardjo Tutup Usia

islamindonesia.id – Cendekiawan Muslim Dawam Rahardjo Tutup Usia

 

Indonesia berduka. Malam ini, sekira pukul 21.45 WIB, cendekiawan Muslim sekaligus begawan ekonomi Dawam Rahardjo tutup usia pada usia 76 tahun.

Kabar duka ini dibenarkan keponakan almarhum, Tuti Oktaviani yang menyatakan Dawam wafat di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Jakarta Pusat, setelah menderita penyakit komplikasi sejak lama. Ditambahkan Tuti, Dawam juga sudah satu bulan dirawat di ICU Rumah Sakit Islam Cempaka Putih.

Almarhum rencananya akan dimakamkan Kamis (31/5/2018) di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Semasa hidupnya, cendekiawan Muslim ini pernah menjadi Ketua Umum ICMI Pusat, Direktur LP3ES (Lembaga Penelitian dan Pembangunan Ekonomi-Sosial), hingga Rektor Universitas 45 Bekasi. Tokoh Muhammadiyah itu juga memimpin Jurnal Ilmu dan Kebudayaan Ulumul Qur’an, dan ketua yayasan ELSAF (Lembaga Studi Agama dan Filsafat).

Beberapa karya esainya yang populer adalah Esai-esai Ekonomi Islam”, “Intelektual, Intelegensia, dan Perilaku Politik Bangsa”, “Risalah Cendekiawan Muslim”, “Perspektif Deklarasi Makkah, Menuju Ekonomi Islam”, “Masyarakat Madani, Kelas Menengah dan Perubahan Sosial”, “Ensiklopedia Al-Quran, Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci”, “Islam dan Transformasi Sosial-Ekonomi”, dan “Islam dan Transformasi Sosial Budaya”.

Seperti diketahui, Dawam memang sempat menjalani perawatan intensif selama beberapa bulan akibat penyakit diabetes, jantung, dan stroke yang dideritanya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *