Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 05 April 2020

Ceko Menjadi Negara di Eropa yang Paling Berhasil Menekan Penyebaran Covid-19, ini Sebabnya


islamindonesia.id – Ceko Menjadi Negara di Eropa yang Paling Berhasil Menekan Penyebaran Covid-19, ini Sebabnya

Republik Ceko adalah satu di antara sedikit negara Eropa yang secara signifikan berhasil menekan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19).

Apa yang menjadi penyebabnya, padahal hampir semua negara di Eropa sama-sama menerapkan kebijakan social distancing (jaga jarak sosial), berdiam di rumah, dan protokol menjaga higienitas yang ketat?

Dilansir dari saluran berita Now This News (4/4), yang paling membedakan Ceko dengan negara lainnya adalah bahwa setiap orang, ketika harus keluar dari rumahnya untuk mencari kebutuhan dasar, maka mereka diharuskan untuk selalu menggunakan masker. Siapapun tanpa terkecuali.

Berdasarkan sebuah studi yang mereka lakukan, mereka menyatakan bahwa masker, meskipun itu adalah buatan rumahan, bukan pabrik yang memiliki standar medis tertentu, kenyataannya secara parsial dapat melindungi seseorang.

Dan meski parsial, mereka berpendapat, dalam situasi seperti ini, perlindungan apa pun, meski terdapat kekurangan, masih tetap layak untuk dilaksanakan. Mereka menilai bahwa penggunaan masker secara mendasar dapat mencegah penularan dari bersin, batuk, dan bahkan bernapas.

Lalu kenapa penggunaan masker mesti dilakukan oleh siapapun, baik yang sakit maupun yang sehat? Karena banyak orang yang sudah tertular Covid-19, pada fase awalnya tidak menunjukkan gejala apapun.

Vladimir Zdimal, Ketua Jurusan Chemistry and Aerosol Physics, Czech Academy of Sciences, mengatakan, “Berdasarkan pengalaman profesional kami, masker sederhana buatan rumah dapat mencegah penyebaran mikrodroplet yang potensial terinfeksi hingga 100 %.”

Pada awalnya, ide tentang menggunakan masker ini diremehkan oleh orang-orang Ceko itu sendiri, namun ada beberapa orang yang sadar yang mulai mengkampanyekan informasi ini di berbagai media sosial.

Kampanye ini kemudian berkembang dengan pesat melalui artis, influencer, dan masyarakat Ceko itu sendiri. Di tengah kesulitan mencari masker buatan pabrik di toko-toko, masyarakat Ceko mulai membuat masker sendiri di rumahnya masing-masing dan membagikannya secara gratis.

Selanjutnya, banyak perusahaan, gedung pertunjukkan, dan bahkan rumah jompo yang menjadikan gedung mereka sebagai sarana untuk pembuatan masker. Dengan kerjasama yang simultan ini, Ceko berhasil memproduksi masker rumahan sebanyak 10 juta dan mengklaim berhasil menekan penyebaran virus ini.

Tidak berhenti sampai di sana, mereka juga mengajak orang-orang di sosial media untuk mem-posting swafoto menggunakan masker dan menulis tagar #Masks4All (masker untuk semua).

Video selengkapnya tentang kampanye penggunaan masker di Ceko dapat dilihat di bawah ini:

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Petr David Josek/AP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *