Satu Islam Untuk Semua

Friday, 29 March 2019

Cak Nun: Indonesia Perlu Pemimpin yang Menang Atas Nama Rakyat


islamindonesia.id – Cak Nun: Indonesia Perlu Pemimpin yang Menang Atas Nama Rakyat

Budayawan asal Yogyakarta, Emha Ainun Nadjib atau kerap disapa Cak Nun, meminta kepada para calon presiden dan wakil presiden untuk menomorsatukan kearifan bersama dan menang atas nama rakyat. Menurut Cak Nun, kemenangan atas nama rakyat ini bisa menghindarkan dari ancaman permusuhan pasca Pemilu 2019.

“Pesan saya harus menomorsatukan kearifan bersama sebagai bangsa Indonesia. Tidak sebagai Gerindra, tidak sebagai PDIP, tidak sebagai apapun. Tetapi kita menomorsatukan kemenangan rakyat. Sehingga kita preventif jaga-jaga jangan sampai terjadi tingkat permusuhan atau bentrok yang sampai tidak dikehendaki,” ujar Cak Nun di Rumah Maiyah Kadipiro Yogyakarta, Jumat (29/3/2019).

Cak Nun menuturkan saat ini Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang punya inisiatif untuk menjaga persatuan. Pemimpin yang dibutuhkan ini harus mengutamakan kepentingan bangsa bukan kepentingan partai maupun golongan.

“Harus ada para pemimpin yang berinisiatif, rendah hati satu sama yang lain, arif satu sama lain dan mengabdi kepada rakyat satu sama lain. Karena di Indonesia ini yang harus menang kan rakyat, bukan kelompok manapun,” urai Cak Nun.

Cak Nun menyarankan untuk menghindari perpecahan pasca Pemilu 2019, para pemimpin harus menghilangkan egonya masing-masing. Kemudian melakukan rekonsiliasi atas nama bangsa dan untuk bangsa.

“(Pemimpin harus) menghilangkan egonya, terus kumpul sebanyak mungkin orang yang diperlukan, orang-orang tua, tokoh-tokoh yang memang Nasionalis, kan gitu,” ujar Cak Nun.

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *