Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 09 April 2017

Cak Nun: Indonesia Kacau, Negara Gagal Ayomi Rakyatnya


islamIndonesia.id — Cak Nun: Indonesia Kacau, Negara Gagal Ayomi Rakyatnya

 
Budayawan Indonesia Emha Ainun Nadjib mengingatkan bahwa kekacauan yang dirasakan kini disebabkan Negara belum bisa memenuhi tugasnya sebagai pengayom rakyat. Menurutnya, tugas Negara adalah menjaga nyawa, martabat, dan harta rakyatnya.

“Kalau tiga itu terpenuhi maka bereslah semua urusannya,” tutur pria yang akrab disapa Cak Nun ini pada acara Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng di Lapangan SMP 1 Dawe, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Jumat (7/4/2017).

Suami Novia Kolopaking itu juga menyayangkan tingkah para pejabat negara yang tidak menyadari tugasnya tersebut. Salah satunya disebabkan karena dunia pendidikan nasional belum menyentuh ranah menyadarkan anak.

Emha kemudian meruntut tingkatan pengajaran di sekolah dengan tadris (memelajari), tahfidh (menghafal), taklim (mengucapkan), ta’lim (ngelmoni), ta’rif (mendalami), dan penyempurnaan dari itu semua.

“Pendidikan kita baru sampai tingkatan taklim dan sudah merasa puas, merasa sudah menguasai, padahal masih ada banyak tingkatan yang lebih tinggi,” katanya.

Di samping itu, Cak Nun juga mengingatkan kepada para pemuda supaya tidak mempunyai ambisi menjadi penguasa. Untuk itu, pemuda Indonesia harus selalu memperbaiki kualitas dirinya dengan banyak berbuat kebaikan.

“Seseorang dihargai bukan sebab ucapannya, tetapi perbuatannya. Buat hal baik dan biarkan orang yang menilaimu dan memintamu memimpin mereka,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Cak Nun mendoakan 10-15 tahun lagi Indonesia akan punya generasi yang hebat. Generasi milenial yang mampu mengelola negara dan bersaing melebihi negara-negara di Eropa dan negara maju lainnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *