Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 10 September 2019

Cak Nanto: Muhammadiyah Ormas Terbuka, Teman HMI, GMNI Silahkan Masuk


islamindonesia.id-Cak Nanto: Muhammadiyah Ormas Terbuka, Teman HMI, GMNI Silahkan Masuk

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto, menegaskan organisasnya sangat terbuka kepada segala lapisan masyarakat. Muhammadiyah tidak memandang latar belakang suku, bangsa maupun organisasi seseorang.

“Muhammadiyah dan Pemuda Muhammadiyah itu organisasi sangat terbuka, teman-teman dari HMI, dari GMNI, boleh silahkan masuk dan bergabung, kita akan sambut dengan tangan terbuka,” kata pria yang akrab disapa Cak Nanto ini dalam sebuah acara di Bengkulu seperti dikutip Bengkuluinteraktif.com, 8 September. “Mari bersama-sama kita besarkan persyarikatan ini, tentunya untuk kebaikan bangsa dan umat. Namun, apabila saudara-saudara ingin merong-rong Muhammadiyah, lawan dulu saya.”

Sikap terbuka ini telah lama diamalkan oleh Muhammadiyah. Rumah Sakit Muhammadiyah, contohnya kata Cak Nanto, tidak pernah mempertanyakan latar belakang agama dan organisasi pasiennya. “Ini bukti harmoni yang dibangun Muhammadiyah,” katanya.

Menurutnya, harmoni gerakan adalah kunci dalam menjalankan misi kebangsaan agar keutuhan bangsa dan negera tetap terjaga hingga akhir dari perjalanan bangsa Indonesia. Keharmonisan antar golongan, antar etnis, antar berkeyakinan dan macam ragam nuansa lebih penting dari apapun.

Oleh sebab itu, Cak Nonto menentang segala sikap yang mengklaim dirinya paling benar di Republik ini. “Tidak boleh ada kelompok atau golongan manapun di bumi peristiwa ini yang merasa diri paling benar, paling NKRI atau paling-paling yang lain sehingga nuansa keberagaman dieksploitasi sedemikian rupa yang berujung pada kerusuhan dan pecah belah,” katanya. []

YS/islamindonesia/Foto: Okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *