Satu Islam Untuk Semua

Monday, 03 December 2018

Buya Syafi’i: Tak Perlu Ada Perang Baratayuda di Pilpres


sandi-buya

islamindonesia.id -Buya Syafi’i: Tak Perlu Ada Perang Baratayuda di Pilpres

 

 
Tokoh senior Muhammadiyah Ahmad Syafi’i Ma’arif mengatakan, situasi masyarakat pada masa pemilihan presiden bergantung pada pada para elite politik. Ia bilang, kalau para elite terus memanas-manasi keadaan, politik menjadi tidak sehat.

Karena itu, pria yang akrab disapa Buya Syafi’i ini tak sependapat jika pilpres tahun depan disebut sebagai perang. “Pipres itu enggak perlu perang Baratayuda,” kata Buya setelah menerima kunjungan calon wakil presiden Sandiaga Uno di Yogyakarta, seperti dilaporkan Harian Tempo, 3 Desember.

Sebelumnya, analogi pilpres sebagai perang sempat disuarakan oleh politisi senior PAN Amien Rais. Amien bilang, pada pipres tahun depan akan ada perang Baratayuda atau armagedon (akhir zaman). “Ini pertarungan terakhir apakah unsur PKI (Partai Komunis Indonesia) akan menang atau sebaliknya,” kata Amien.

Bagi Buya, persatuan bangsa ini harus dijaga dalam situasi apa pun, termasuk pilpres. Karena perpecahan dapat memberikan kerugian yang jauh lebih panjang masanya dibandingkan masa jabatan presiden.

“Wong bersatu saja bisa kalah, apalagi terceraiberai,” ujar Buya.

Sementara Sandiaga mengaku mendapatkan banyak wejangan dari Buya. Salah satunya, kata calon wakil dari pasangan nomor dua ini, Buya memintanya membuat pilpres berlangsung damai dan sejuk. “Beliau juga minta agar pilpres bebas dari gontok-gontokan,” katanya.[]

 

 

 

YS/islamindonesia/Foto: medan.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *