Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 11 February 2021

Buya Syafii: Pemerintah dan Pihak Sebelah Semestinya Mampu Membangun Budaya Politik yang Lebih Arif


islamindonesia.id – Buya Syafii: Pemerintah dan Pihak Sebelah Semestinya Mampu Membangun Budaya Politik yang Lebih Arif

Belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk lebih aktif menyampaikan kritik terhadap kinerja pemerintah. Dia pun meminta pemerintah meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Jokowi ingin pelayanan publik semakin baik di masa mendatang. Dia berharap seluruh pihak ikut ambil bagian dalam mewujudkannya.

“Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik, masukan, atau potensi mal-administrasi, dan pelayanan publik harus terus meningkatkan upaya perbaikan-perbaikan,” kata Jokowi saat berpidato di Peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI Tahun 2020, Senin (8/2), dilansir dari CNN.

Menanggapi pernyataan tersebut, Ahmad Syafii Maarif, atau akrab disapa Buya Syafii, menilai memang seharusnya pemerintah tetap memberi ruang bagi lawan politiknya untuk menyampaikan kritik. Namun, dalam memelihara budaya kritis itu tidak perlu ada buzzer.

“Dalam situasi yang sangat berat ini antara pemerintah dan pihak sebelah semestinya mampu membangun budaya politik yang lebih arif, saling berbagi, sekalipun sikap kritikal tetap dipelihara. Tidak perlu main buzzer-buzerr-an yang bisa menambah panasnya situasi,” kata Buya Syafii, Rabu (10/2), dilansir dari detik.com.

Buya Syafii juga meminta penyampaian kritik harus dilakukan dengan cara-cara yang demokratis. Selain itu, dia berharap pemerintah terbuka jika memang melakukan kekeliruan.

“Pihak pemerintah sebagai pengendali kekuasaan juga harus terus terang jika memang telah melakukan kekeliruan dalam bidang apa pun,” tutur mantan Ketua PP Muhammadiyah ini.

“Syahwat untuk berkuasa harus dilakukan melalui cara-cara demokrasi yang elegan. Semangat satu bangsa dan satu tanah air mesti didahulukan,” pungkas Buya, dilansir dari Kumparan.

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Seto Wardhana/Tempo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *