Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 21 April 2019

Buya Syafi’i: Ajakan Inkonstitusional Tak Perlu Didengar


islamindonesia.id – Buya Syafi’i: Ajakan Inkonstitusional Tak Perlu Didengar

Tokoh senior Muhammadiyah Ahmad Syafi’i Ma’arif menghimbau masyarakat tidak terpancing adu domba pascapemilihan umum. Ia berharap, masyarakat bersabar menunggu hasil resmi pemilu dan tidak terprovokasi dengan ajakan yang menjurus pada jalur inkonstitusional.

“Kalau ada keputusan KPU (Komisi Pemilihan Umum) yang jurdil secara konstitusi, harus kita akui,” kata pria yang akrab disapa Buya Syafi’i ini di Yogyakarta seperti dilansir Inisiatifnews.com, 20 April. “(Ajakan) Inkonstitusional itu tidak usah didengarkan, karena itu di luar konstitusi dan melanggar hukum.”

Ia berharap, segala bentuk sengketa pemilu diselesaikan dengan jalur hukum. Apalagi, negara telah menyediakan wadah untuk menyelesaikan segala bentuk perselisihan pendapat mengenai hasil pemilu.

“Jangan gunakan cara di luar hukum, karena kita mempunyai Mahkamah Konstitusi,” ujarnya. “Kita punya penegak hukum dan kita negara hukum, tidak boleh main hakim sendiri, tidak boleh mengadu domba.”

Apapun hasilnya nanti, masyarakat dihimbau menerimanya. Bagi kelompok yang menang, kata mantan Ketua Muhammadiyah ini, tidak boleh jumawa. Sementara pihak yang kalah semestinya legowo. “Mari kita sama-sama menjaga perdamaian, kebhinekaan,” katanya.[]

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *