Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 24 July 2013

Bumi Terlihat Mini Dari Saturnus


Sebuah foto menakjubkan diambil oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada Jumat (19/7). Foto yang diambil dari  pesawat luar angkasa yang mengorbit di Saturnus itu menyajikan pemandangan Bumi  yang berjarak sekitar miliaran kilometer dari planet bercincin itu.

Dalam gambar yang diambil oleh Pesawat Cassini itu, Bumi Nampak tak lebih  hanya setitik biru kecil yang seolah mengambang di udara. Uniknya, saat pengambilan gambar itu, orang-orang di Bumi diminta untuk tersenyum dan melambaikan tangan.

Pemimpin tim kamera dari Cassini, Dr Carolyn Porco, melukiskan  pengambilan foto itu sebagai “sesi foto kosmik antarplanet.”

“Sangat menyenangkan bagi saya bahwa orang dari seluruh dunia mau berhenti dari aktifitas mereka dan pergi ke luar untuk melambaikan tangan,” kata pakar luar angkasa dari Institut Sains Luar Angkasa Colorado tersebut.

Banyak kalangan menilai foto Bumi  yang diambil dari bagian luar Tata Surya sangatlah langka karena jarak Bumi masih terhitung sangat dekat dengan Matahari yang terang.

Laiknya retina manusia yang bisa rusak kala melihat langsung ke arah matahari, begitu juga detektor sensitif pada kamera bisa rusak karena cahaya yang sangat terang. Itulah sebabnya gambar ini diambil saat  Matahari tengah ada pada posisi di belakang Saturnus. Jadilah kemudian sebagian besar cahayanya tertutupi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *