Satu Islam Untuk Semua

Friday, 08 July 2016

BUKU – Semesta Cinta; Pengantar kepada Pemikiran Ibn Arabi


universe-backgrounds-11

IslamIndonesia.id – BUKU — Semesta Cinta; Pengantar kepada Pemikiran Ibn Arabi

Sejauh ini belum ada satu pun buku yang mengulas pemikiran Syaikh al-Akbar Ibn Arabi secara relatif sistematis dan lengkap, dalam bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, cendekiawan Muslim Dr. Haidar Bagir memulai dengan memberi pengantar kepada pemikiran-pemikiran yang mendalam dan luas bak samudera dari ’Ârif yang satu ini lewat buku ‘Semesta Cinta’.

Pengajar Tasawuf, Dr. Abdul Aziz Abbaci,  menyatakan bahwa buku karya Habib Haidar–demikian Haidar Bagir akrab disapa di dunia maya–sebagai sumber tak ternilai mengenai pemikiran Ibn ‘Arabi dalam bahasa Indonesia.

“Menampilkan secara sistematis, akurat, dan berdasar sumber-sumber primer, wajah sejati Ibn Arabi  yang sepenuhnya diilhami syari‘ah ….” kata Abbaci menyambut kehadiran buku setebal 356 halaman ini.

Selain mendapatkan gambaran umum dan relatif lebih mudah dipahami, lengkap, mendalam, dan akurat, pembaca tetap dapat menikmati menu “Ibn Arabi sehari-hari” yang dihidangkan di dalamnya. Di sana-sini bertebaran ceceran hikmah yang mencerahkan jiwa dan pemikiran, serta menuntun kepada pemahaman tentang berbagai misteri kehidupan kita.

“(Pemikiran Ibn Arabi), yang diantarkan buku ini, adalah hadiah bagi manusia modern yang amat butuh pemahaman Islam yang setia pada syari‘ah, Al-Quran dan Hadis, serta berporos pada ajaran dasar Islam tentang cinta,” kata Dr. Eric Winkel, Ahli Ibn ‘Arabi dari Amerika Serikat menanggapi  buku yang telah diterbitkan Noura Books ini.

covNA-063

Adapun Judul ‘Semesta Cinta’ merujuk pada titik pusat pemikiran Ibn Arabi mengenai cinta sebagai sumber pemahaman tentang Islam, dalam segenap aspeknya, sekaligus menjadi konteks seluruh pembahasan dalam buku ini.

Selain mengajar Filsafat Islam dan Tasawuf, penulis ‘Semesta Cinta’ ini juga telah melahirkan sejumlah karya lainnya. Di antaranya: Buku Saku Filsafat (2005), Buku Saku Tasawuf (2005), dan Buat Apa Shalat? (2008), Surga di Dunia Surga di Akhirat (2011), Islam Risalah Cinta dan Kebahagiaan (2012), Belajar Hidup dari Rumi (2015), dan Mereguk Cinta Rumi (2016). []

YS/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *