Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 27 September 2017

Buku Sejarah Saudi Muat Foto Raja Faisal Duduk Bareng Yoda Star Wars


Buku Sejarah Saudi Muat Foto Raja Faisal Duduk Bareng Yoda Star Wars

islamindonesia.id – Buku Sejarah Saudi Muat Foto Raja Faisal Duduk Bareng Yoda Star Wars

 

Ada fakta baru di balik pendirian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1945 lalu. Sebuah foto hitam putih memperlihatkan ketika Raja Faisal menandatangani pakta pendirian PBB duduk bersandingan dengan Yoda, salah satu tokoh dalam cerita fiksi Star Wars.

Fakta tersebut terungkap di dalam buku teks sejarah Arab Saudi. Namun jangan dulu percaya, karena gambar tersebut merupakan hasil karya seniman Abdullah al-Sheri.

Menteri pendidikan Arab Saudi, Ahmed al-Eissa menyesalkan gambar tersebut bisa tercetak di buku teks sejarah Arab Saudi.

“Kementerian Pendidikan menyesalkan kesalahan yang tidak sengaja itu dan telah mencetak salinan yang dikoreksi serta menarik versi sebelumnya” ujar Ahmad al-Eissa seperti dikutip dari Telegraph.

Eissa menambahkan, pihaknya akan membentuk komite hukum untuk tindakan selanjutnya.

“Kami telah membentuk komite hukum untuk menentukan sumber kesalahan tersebut dan langkah selanjutnya yang dirasa tepat,” tambah Eissa.

Sementara itu, Abdullah al-Sheri mengatakan bahwa bukan dirinya yang memasukkan gambar tersebut di buku teks sejarah Arab Saudi.

“Memang saya yang membuatnya (gambar Yoda), tapi bukan saya yang memasukkan ke dalam buku itu,” kata Sheri kepada New York Times.

Dirinya menduga ada pihak-pihak yang mencatut karyanya untuk dimasukkan pada buku tersebut.

Abdullah al-Sheri yang juga dikenal dengan nama Shaweesh itu adalah seniman pop art asal Arab Saudi. Sheri populer dengan karya-karyanya yang mencampurkan budaya arab dengan budaya luar.

Selain Raja Faisal, Sheri juga pernah membuat foto Darth Vader berada di belakang T.E Lawrence dan Raja Irak saat menghadiri Pari Peace Conference di tahun 1919. T.E Lawrence adalah tokoh yang dikenal sebagai Lawrence of Arabia.

Terkait foto Raja Faisal dan Yoda, Sheri menuturkan, keduanya dipasangkan karena memiliki kemiripan yakni kecerdasan dan warna hijau (bendera Arab Saudi).

“Dia (Raja Faisal) bijak dan memiliki karakter yang kuat dalam pidatonya. Menurut saya Yoda adalah karakter yang cocok dengan raja terlebih Yoda juga mempunyai pedangnya yang hijau terang” tutur Sheri.

Sheri baru menyadari bahwa gambarnya berada di buku tersebut ketika ibunya mengirimkan pesan pendek kepadanya.

“Saya sama sekali tidak berniat menyinggung Raja,” ucap Sheri.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *