Satu Islam Untuk Semua

Friday, 05 August 2016

BUKU – Psikologi Kematian: Ketika Ketakutan Jadi Optimisme


rqb_lmwt

IslamIndonesia.id – BUKU — Psikologi Kematian: Ketika Ketakutan Jadi Optimisme

 

Setiap saat kita berjalan menuju pintu kematian. Kita meyakini bahwa kita milik Allah dan pasti akan pulang kembali kepada-Nya. Sedangkan pengalaman sehari-hari mengajarkan, peristiwa pulang selalu melahirkan kegembiraan—pulang kerja, pulang mudik, pulang haji, dan sebagainya. Semua itu selalu ditunggu-tunggu, bahkan dirayakan.

Maka berbahagialah mereka yang meyakini bahwa Allah adalah tempat pulang, lalu mempersiapkan bekal sehingga kematian benar-benar dihayati sebagai peristiwa yang pantas dirayakan, layaknya peristiwa wisuda atau datangnya hari panen. Hari yang disongsong dengan optimis.

Melalui karyanya, buku ‘Psikologi Kematian’,  Cendekiawan Muslim Komaruddin Hidayat memupuk keyakinan bahwa kematian—dengan rahmat-Nya dan persiapan bekal yang cukup—merupakan hari berpulang yang amat membahagiakan. Keyakinan yang selain menenangkan juga memancangkan optimisme hidup yang menyala terang.

“(Buku karya Komaruddin) membantu pembaca memahami ‘psikologi kematian’, sekaligus berbicara tentang sedikit rahasianya; dan yang lebih penting, menuntun kita ‘menjemput’ maut dengan hati yang tenang,” kata pakar Tafsir Al-Qur’an, Quraish Shihab, menyambut kehadiran buku terbitan Noura Books dalam edisi baru ini.

images (1)

Memandang kematian sebagai peristiwa yang mengerikan dan menakutkan adalah pilihan yang justru menyakitkan. Namun dalam buku setebal 296 ini, kematian – sebagaimana juga kehidupan,- adalah anugerah Tuhan.

Selain merupakan ekstrak paling inspiratif dan pilihan dari dua buku Psikologi 1 dan 2 karya yang teruji bestseller,  buku ini tercatat sebagai salah satu dari 15 buku paling berpengaruh versi Media Indonesia.[]

 

YS/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *