Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 28 June 2016

BUKU – Pahami Bacaan Shalatmu


shutterstock_68148754

IslamIndonesia.id -BUKU — Pahami Bacaan Shalatmu
Sebuah penelitian di Malaysia mengatakan, hampir 90% mahasiswa dan pelajar tidak memahami arti bacaan shalat mereka. Padahal, sebagaimana yang telah jamak diketahui,  para ulama sepakat bahwa dalam menunaikan shalat, hendaklah “menghadirkan hati” secara khusyuk.  Dengan cara ini, seperti Al-Qur’an menyebut salah satu berkahnya, shalat seseorang akan melahirkan akhlak mulia. Dan, modal dasar meraih shalat khusyuk itu adalah dengan memahami dan menghayati bacaan shalat.
Terpanggil oleh keperluan itulah,  Dr. Ibrahim Hashim dan sejumlah ahli pendidikan terkemuka sekaligus ahli ilmu Islam menyusun  buku “Pahami Bacaan Shalatmu; Agar Khusyuk dalam Shalat”. Dengan bab-bab kecil, karya setebal 208 halaman ini memuat terjemahan kata per kata serta  latihan-latihan yang mudah bagi siapa pun yang ingin belajar shalat. Tidak hanya dengan panduan guru tapi buku ini juga membantu bagi yang ingin belajar sendiri.
“Bukan saja cocok untuk buku ajar di sekolah, tetapi juga untuk pembaca umum dalam memahami bacaan shalat yang ditunaikan lima kali sehari itu,”  kata Prof. Dato’ Dr. Mahmood Zuhdi Haji Abd. Majid dari Universitas Islam Antarabangsa Malaysia menyambut buku yang telah diterbitkan di Indonesia oleh Noura Books ini.
Memang sudah banyak buku yang membahas tentang shalat. Namun  yang membedakan buku ini dengan buku yang telah ada di pasaran adalah, selain berisi panduan lengkap mengenai semua gerakan dan bacaan shalat yang benar, disertai pula gambar secara detail. Di dalam buku dimana penyusunannya Prof. Emeritus Dato’ Dr. Isahak Haron juga terlibat, dibahas pula kata per kata setiap bacaan dalam shalatnya dan disertai pula lembar khusus untuk latihan. Sedemikian detail sehingga pembaca bisa langsung bisa mempraktikkannya.
Keunggulan lainnya, target pembaca buku ini bukan hanya dari kalangan pelajar saja, tapi juga semua orang yang ingin mempelajari bacaan shalat, baik anak-anak maupun orang dewasa.
 pahami_bacaan_sholat
Dirikanlah shalat …. Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). (QS Al- ‘Ankabût [29]): 45)
YS/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *