Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 11 September 2016

BUKU – Agenda dan Tantangan Muhammadiyah di Abad Ke-2


hn

IslamIndonesia.id – BUKU —  Agenda dan Tantangan Muhammadiyah di Abad Ke-2

 

Ditulis oleh sejumlah Intelektual dan aktivis Muhammadiyah, buku “Islam Berkemajuan untuk Peradaban Dunia” (Mizan, 2015) merefleksikan dan juga menjelaskan agenda ormas Islam Indonesia tertua ini ke depannya. Di sisi lain, buku 348 halaman ini juga menegaskan bahwa pandangan “Islam Berkemajuan” yang diusung pada Muktamar Muhammadiyah ke-46 tahun 2010 di Yogyakarta bukan sekadar tema retorika, dan bersifat isu belaka, tetapi pemikiran yang esensial dan sistematik Muhammadiyah sebagai gerakan pembaruan (tajdid).

Memasuki abad kedua dari usianya, Muhammadiyah dihadapkan pada tantangan dunia yang sangat kompleks. Kemiskinan, bencana alam, tragedi kemanusiaan, merebaknya kekerasan atas nama agama adalah beberapa di antaranya. Pada wilayah ini, buku “Islam Berkemajuan untuk Peradaban Dunia” mencoba mengurai apa yang sudah dan seharusnya dilakukan oleh Muhammadiyah di abad kedua. Harapannya, perserikatan yang didirikan Kyai Haji Ahmad Dahlan ini tidak hanya bermanfaat untuk internal Muhammadiyah, lebih dari itu bermanfaat untuk Republik Indonesia bahkan dunia dan kemanusiaan universal.

covIM-90

Seperti diketahui, Muhammadiyah adalah organisasi keagamaan tertua di Indonesia, bahkan terbesar di dunia dalam bidang amal usaha pendidikan (schooling), kesehatan (healing), dan sosial (feeding). Sejak kelahirannya pada 8 Dzulhijjah 1330 H/18 November 1912 M, Muhammadiyah menjadi gerakan penyambung matarantai pembaruan Islam yang berorientasi kepada kemajuan.  Muhammadiyah hadir sebagai pencerahan (tanwîr) dari kondisi umat dan bangsa Indonesia yang kala itu terjajah sekaligus tertinggal dalam banyak aspek kehidupan. Inilah spirit awal Muhammadiyah sebagai gerakan Islam berkemajuan. Muhammadiyah menghadirkan Islam sebagai agama yang senantiasa bergerak dinamis memajukan peradaban umat manusia. Itulah karakter dasar Islam sebagai dîn al-hadhârah (agama kemajuan). []

 

YS/IslamIndonesia/Foto: Suara Muhammadiyah

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *