Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 13 May 2014

Boko Haram Klaim Ratusan Gadis yang Diculik “Masuk Islam”


Youtube/AFP.

Ini merupakan video pertama yang muncul setelah peristiwa penculikan 300 gadis pada pertengahan April lalu di timur laut kota Chibok, negara bagian Borno.

 

Boko Haram merilis sebuah video mengenai kondisi terbaru ratusan gadis yang mereka culik 14 April kemarin pada Senin (12/05). Pemimpin kelompok, Abubakar Shekau mengklaim  bahwa para pelajar wanita itu telah memeluk Islam.

Dilansir stasiun berita Al Jazeera, dalam video berdurasi sekitar 17 menit, terlihat para gadis itu tengah membaca Al Qur’an lengkap dengan mengenakan jilbab di sebuah lokasi pedesaan yang masih dirahasiakan.

Tiga gadis diwawancara, dua mengatakan bahwa mereka beragama Kristen, dan kini telah pindah keyakinan menjadi Muslim. Sementara seorang lainnya mengaku Muslimah. Ketiga gadis tersebut tampak tenang dan mengaku tidak pernah disakiti selama penculikan.

Selain itu, rekaman juga berisi tuntutan Shekau kepada Pemerintah Nigeria agar membebaskan semua tahanan kelompok Boko Haram yang saat ini dibui di penjara Nigeria sebagai penukar bagi pembebasan para gadis itu.

Ini merupakan video pertama yang muncul setelah peristiwa penculikan 300 gadis pada pertengahan April lalu di timur laut kota Chibok, negara bagian Borno. Sebanyak 276 masih berada dalam tawanan Boko Haram, sementara 53 gadis lainnya berhasil melarikan diri.

Menanggapi hal itu, gubernur negara bagian Borno, Nigeria, Kashim Shettima, mengatakan bahwa pihaknya sudah mengirim 2 divisi pasukan untuk mencari mereka.

“Kami telah melaporkan kondisi mereka kepada militer Nigeria,” kata Shettima.

 

Sumber: Al Jazeera/Youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *