Satu Islam Untuk Semua

Friday, 14 November 2014

BNN Sosialisasi Bahaya Narkotika di Lingkungan SD


Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Putra Nusantara (SPN) mengadakan program “Kapten BeNN Goes to School” di beberapa sekolah dasar di Jakarta untuk mengajak anak-anak waspada terhadap bahaya narkotika.

“Kami inginkan pencegahan dari usia dini, mulai dari SD, SMP, dan SMA agar ketika dewasa mereka kebal terhadap godaan narkotika,” ujar Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN Bachtiar Hasanudin Tambunan, di SDN Menteng 03 Jakarta Pusat, Kamis.

Dalam kegiatan ini, 835 siswa diajak memahami bahaya narkotika melalui cara yang menyenangkan dan komunikatif yaitu dengan story telling mengenai modus narkotika masuk ke lingkungan sekolah.

“Para siswa diajak untuk mewaspadai permen, makanan, minuman yang mereknya tidak jelas yang mungkin diberikan atau dijajakan oleh para pedagang dan oknum tidak bertanggungjawab,” kata Ketua Yayasan SPN, Endang Mikuwati.

Dia juga menyebutkan SPN menemukan ada enam anak dari 8.100 anak usia sekolah dasar di DKI Jakarta yang terbukti menggunakan narkotika.

Mereka berasal dari lingkungan yang rawan pengedaran narkoba, katanya.

Menurut Endang, lima dari dari enam anak itu berhasil lepas dari ketergantungan narkotika. Satu orang lagi masih dalam proses rehabilitasi.

Sejak akhir 2013, Yayasan SPN telah menjadi mitra BNN dalam memberikan edukasi bagi siswa sekolah dasar melalui program “Kapten BeNN Goes to School” yang diadakan di 26 sekolah dasar di seluruh DKI Jakarta.

Sementara itu, BNN menemukan dari 354 jenis narkoba baru di dunia, 29 diantaranya sudah masuk ke Indonesia. Dari 29 jenis narkoba, pemerintah telah memasukkan 24 jenis dalam Undang-undang sesuai dengan surat edaran Menteri Kesehatan. Sementara lima lagi belum ada aturannya.

 

 

Wahyu/berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *