Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 15 July 2017

Besok Matahari Tepat di Atas Kakbah, Kemenag: Saat Tepat Perbaiki Arah Kiblat  


islamindonesia.id – Besok Matahari Tepat di Atas Kabah, Kemenag: Saat Tepat Perbaiki Arah Kiblat

 

Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan bahwa pada hari Minggu (16/7/2017) besok, posisi matahari akan tepat berada di atas Kabah. Peristiwa ‘singgahnya’ matahari di atas Kabah terjadi dua kali dalam setahun itu dikenal dengan istilah A’dham atau Rashdul Qiblah. Fenomena ini menjadi waktu yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia untuk melakukan perbaikan arah kiblat.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Muhammad Thambrin mengatakan, saat-saat matahari tepat di atas Kabah, dapat dijadikan momentum terbaik untuk memperbaiki arah kiblat.

PRESS RILIS KEMENAG

“Berdasarkan data astronomi, Ahad 16 Juli 2017, pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA, matahari akan melintas tepat di atas Kabah, sehingga bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus dimana saja akan mengarah lurus ke Kabah,” ujar Muhammad Thambrin melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (15/7/2017).

Menurut Muhammad Thambrin, ada tiga hal pokok yang harus diperhatikan untuk memperbaiki arah kiblat saat matahari tepat di atas Kabah:

1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot atau bandul.
2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata.
3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *