Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 01 March 2017

Bertemu Raja Salman, Jokowi Bahas Soal Haji dan Titip WNI


Bertemu Raja Salman, Jokowi Bahas Soal Haji dan Titip WNI

islamindonesia.id – Bertemu Raja Salman, Jokowi Bahas Soal Haji dan Titip WNI
Presiden Joko Widodo membahas sejumlah hal saat bertemu Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud. Jokowi juga berbicara mengenai kuota haji termasuk meminta agar pemerintah Saudi mengayomi WNI yang berada di sana.

“Secara khusus presiden RI mengapresiasi pengembalian kuota haji Indonesia ke tingkat yang normal yaitu 211 ribu dan pemberian kuota tambahan untuk tahun 2017 sebesar 10 ribu. Di samping itu presiden juga menitipkan WNI yang tinggal di Arab Saudi dan telah memberikan kontribusi pembangunan di Arab Saudi agar mendapatkan pengayoman dan perlindungan dari Yang Mulia Raja Salman,” ujar Menlu Retno Marsudi dalam jumpa pers di Istana Bogor, Rabu (1/3/2017).

Menurutnya, Jokowi dan Raja Salman sama-sama berkomitmen meningkatkan hubungan dengan kerja sama di sejumlah bidang. Kerja sama yang dituangkan dalam 11 nota kesepahaman (MoU) akan ditindaklanjuti para menteri kedua negara.

“Dalam 2 tahun terakhir kedua negara mengembangkan hubungan yang sangat intensif untuk meningkatkan dan memperluas kerja sama. Kunjungan pejabat tinggi kedua negara meningkat pesat sejak kunjungan presiden ke Arab Saudi pada tahun 2015. Pertemuan kedua pemimpin telah berlangsung dengan suasana yang sangat bersahabat dan produktif,” tutur Retno.

Dalam pertemuan, Jokowi menyinggung peningkatan investasi Saudi di Indonesia. Salah satunya adalah proyek Pertamina-Saudi Aramco di Cilacap, Jawa Tengah.

“Indonesia mengharapkan pemberian kemudahan akses pasar bagi produk Indonesia terutama produk halal, perikanan, obat-obatan, alat kesehatan dan produk tekstil dan garmen Indonesia,” ujar Retno menyebut pembahasan lain dalam pertemuan Jokowi-Raja Salman.
EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *