Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 17 March 2018

Berstatus Grade I, Pengamanan Khusus Masjid Ini Setara Istana Buckingham


islamindonesia.id – Berstatus Grade I, Pengamanan Khusus Masjid Ini Setara Istana Buckingham

 

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa Istana Buckingham merupakan tempat bermukim khusus keluarga Kerajaan Inggris. Sebagai bangunan istimewa di negeri itu, lumrah saja bila Buckhingham secara khusus mendapatkan pengamanan tingkat tinggi.

Namun tahukah Anda bahwa ada sebuah masjid di London yang kini statusnya setara Istana Buckingham? Ya. Shah Jahan Mosque yang selama ini dikenal sebagai masjid bersejarah, saat ini ternyata telah ditingkatkan dari status awalnya sebagai bangunan Grade II menjadi Grade I.

Seperti dilaporkan kantor berita AFP, Grade II merupakan status khusus yang diberikan secara terbatas untuk bangunan-bangunan istimewa di Inggris. Dengan menyandang status itu, artinya mereka situs penting dan berhak mendapatkan proteksi khusus. Apalagi jika sudah tergolong Grade I.

Shah Jahan Mosque merupakan masjid pertama yang dibangun di Inggris. Umat Islam di Negara Kerajaan itu bersorak girang karena bisa beribadah di masjid saat sebuah bangunan diselesaikan di Woking, kota kecil di barat daya London, pada 1889. Itulah Shah Jahan Mosque.

Selain itu, dua masjid di London dinobatkan pemerintah setempat sebagai bangunan dengan status Grade II karena sarat akan nilai arsitektur dan sejarahnya. Itu dilakukan demi merayakan kekayaan warisan budaya Islam di Inggris.

Hanya ada sekitar 5,8 persen dari 500 ribu bangunan yang terdaftar di London yang berstatus Grade II. Kini itu termasuk London Central Mosque dan Islamic Cultural Centre di Regent’s Park serta Fazl Mosque yang terletak di barat daya London.

“Dengan mendata masjid-masjid indah ini, kita tidak hanya melestarikan tempat-tempat beribadah yang penting, melainkan juga merayakan kekayaan warisan komunitas Muslim di Inggris,” kata Kementerian Warisan Budaya Michael Ellis kepada AFP.

London Central Mosque sudah berencana dibangun sejak 1900-an. Dana untuk membangunnya sudah disiapkan pada 1910. Namun pada 1940-an lokasinya dipastikan, bahwa ia akan dibangun di Regent’s Park. Masjid itu kemudian selesai dibangun pada 1977.

Sementara Fazl Mosque, dikenal sebagai ‘markas’ bagi komunitas Muslim Ahmadiyah di daerah setempat. Usianya bahkan lebih tua lagi, ia sudah ada sejak 1926. Fazl Mosque juga merupakan bangunan pertama yang dibangun dengan tujuan peruntukan sebagai masjid.

Dua masjid besar yang penuh nilai sejarah itu bukan satu-satunya tempat beribadah bagi umat Muslim di Inggris Raya. Ada sekitar 1.500 masjid di sana. Namun hanya kurang dari 20 persen yang sejak awal dibangun dengan tujuan menjadi masjid.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *