Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 14 June 2018

Bersama MUI, Kemenag Tetapkan 1 Syawal Jatuh pada 15 Juni


wpid-19-11-26-selamat-idul-fitri.jpg

Islamindonesia.id – Bersama MUI, Kemenag Tetapkan 1 Syawal Jatuh pada 15 Juni

 

 

 

Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan lebaran hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh besok, Jumat (15/6). Hari raya ditetapkan usai Kemenag menggelar Sidang Isbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kemenag, Kamis (14/6).

Lukman mengatakan, dari sidang isbat diketahui hilal sudah terilihat. Sebanyak 12 petugas di antara yang tersebar di 97 titik dari 34 provinsi mengaku telah melihat hilal. Mereka adalah petugas yang telah disumpah terkait dengan kesaksian dan penglihatannya.

“Seluruh peserta Sidang Isbat sepakat bahwa besok telah memasuki 1 Syawal 1439 H. Dengan demikian maka esok hari kita tidak lagi berpuasa. Besok seluruh umat muslim akan menunaikan Salat Id,” kata Menteri Lukman saat memberikan keterangan pers di Kementerian Agama.

Lukman bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher memimpin langsung sidang isbat ini

Hadir juga dalam sidang itu para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Seperti isbat awal Ramadan lalu, proses sidang dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1439 H. Adapun proses sidang isbat berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Kemenag menurunkan sejumlah pemantau hilal Syawal 1439 H di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait.

Dengan penetapan ini sebagian besar umat Islam di Indonesia akan melakukan salat Idul Fitri pada Jumat pagi. Sementara sebagain umat Islam lainnya seperti jamaah Tarekat Naqsabandiyah sudah lebih dulu melaksanakan Idul Fitri, Rabu (13/6).

 

 

 

 

 

Islamindonesia/sumber: cnnindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *