Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 21 July 2016

BERITA—Produk Inovatif Headband Hi Fresh, Solusi Anti Gerah Bagi Hijabers


Hi Fresh Hijab Inovatif Anti Gerah

IslamIndonesia.id—Produk Inovatif Headband Hi Fresh, Solusi Anti Gerah Bagi Hijabers

 

Harus diakui, beberapa tahun terakhir ini tren gaya berhijab memang semakin berkembang. Namun, hal yang sering menjadi keluhan para hijabers adalah panas dan gerah di kepala sehingga perlu cara khusus mengatasinya.

Ada saja cara unik dan kreatif dari para produsen busana Muslimah untuk membuat hijab semakin menarik dan diminati kaum hawa. Perkembangan model hijab yang semakin variatif pun terbukti mampu membuat kaum perempuan berbondong-bondong beralih ke gaya busana Muslimah itu.

Namun, keluhan karena panas saat berhijab sering muncul, terutama bagi mereka yang belum terbiasa. Berhijab di negara beriklim tropis seperti Indonesia, dengan model busana Muslimah yang menutup rata ujung kaki hingga ujung rambut, tak jarang membuat pemakainya merasa kepanasan, terutama di bagian kepala saat cuaca terik.

Untuk mengatasi masalah klasik ini, lima mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) lalu berinovasi menciptakan sebuah alat yang mampu mengusir rasa gerah saat berhijab. Mereka adalah Dila Rachma Aryaningrum, Muthi Roufah, Anisah Nur Masyitoh, Eris Sofyan Tri Saputra dan Omar M. Bintang.

Produk Inovatif Headband Hi Fresh

Dila, Roufah dan Anisah yang merupakan mahasiswa Fakultas Farmasi UGM, sengaja menggandeng Eris dan Omar dari Fakultas Teknik UGM untuk mewujudkan ide mereka tentang berhijab dengan nyaman tanpa gerah.

Berawal dari ide berhijab nyaman dan sehat, mereka pun membuat headband bernama Hi Fresh yang mulanya hanya dirancang untuk memenuhi tugas kuliah.

Hi Fresh adalah inovasi yang mengaplikasikan hijab berbahan spandex dengan gel berupa super absorbdex polyakrilate yang berfungsi sebagai penyuplai air pendingin untuk diuapkan. Aplikasi kedua bahan ini mampu memberikan kenyamanan si pengguna hijab.

Bahan spandex dipilih karena kelenturannya, sehingga mampu mengikuti kontur kepala manusia. Dengan demikian penggunanya pun bakal merasa nyaman.

“Keringat dan minyak berlebih akibat panasnya suhu udara tidak hanya menimbulkan gatal di area kepala, tetapi juga membuat rambut menjadi lepek dan bau apek. Ini yang menjadi kepedulian kita untuk para hijabers. Bahkan Hi Fresh ini juga bisa dipakai oleh atlet,” kata Eris.

Dengan menggunakan bahan herbal sebagai terapi anti-kuman dan menghadirkan rasa sejuk alami, Eris dan teman-teman menyajikan produk Hi Fresh dalam bentuk headband yang praktis dan mudah digunakan.

“Sangat membantu karena mudah makainya, bahkan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Dapat dipakai oleh semua kalangan, tanpa merasa kegerahan dan bisa berhijab dengan rapi,” tuturnya.

Proses terciptanya Hi Fresh tidak serta-merta muncul begitu saja, melainkan melalui riset panjang yang harus dilakukan oleh tim. Kelima mahasiswa itu harus bolak-balik melakukan percobaan terhadap sejumlah pengguna hijab yang kerap kegerahan saat cuaca terik. Objek risetnya tak hanya para perempuan pengguna hijab. Bahkan ada seorang atlet yang menjadi objek penelitian para mahasiswa inovatif itu.

Atlet itu dipilih sebagai objek penelitian karena aktivitasnya dalam bergerak sehingga tak lepas dari keringat berlebih yang menimbulkan rasa panas dan tidak nyaman. Karenanya, headband Hi Fresh itu membuat nyaman atlet saat suhu di kepalanya meningkat.

Eris dan timnya juga menciptakan Hi Fresh untuk membantu atlet agar selalu nyaman tanpa rasa gerah di kepala saat berlaga. “Jadi berawal dari pengalaman teman kita yang pemakai hijab, hingga atlet. Responsnya juga bagus saat kami luncurkan Hi Fresh” katanya.

Dengan respon menakjubkan dari masyarakat, produk itu pun lantas dikomersialkan melalui situs belanja online. Eris berharap penggunaan Hi Fresh bisa mengurangi keluhan kegerahan dan masalah kulit kepala lainnya, agar bisa meningkatkan produktivitas penggunanya dalam aktivitas sehari-hari.

 

EH/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *