Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 28 April 2016

BERITA DUKA– KH. Ali Mustofa Ya’qub Tutup Usia


Islamindonesia.id – KH. Ali Mustofa Ya’qub Tutup Usia

Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH. Prof. Dr. Ali Mustofa Ya’qub tutup usia pagi tadi, 28/4. Pria yang menjadi Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta ini menghembuskan nafasnya yang terakhir  dalam usia 64 tahun di Rumah Sakit Hermina Ciputat.

“Meninggal pagi ini, sekitar pukul 06.00 WIB,” kata Kepala Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam, tadi pagi.

Ali Mustafa Ya’qub lahir di Batang, Jawa Tengah, pada 2 Maret 1952. Pengasuh Pondok Pesantren DarusSunah, Ciputat, Tangerang Selatan, ini meninggal dunia pada usia 64 tahun.

Jebolan Pesantren Tebuireng Jombang ini pernah menarik perhatian dunia saat menerangkan sejarah dan kemegahan Masjid Istiqlal kepada Presiden Amerika Serikat Barrack Obama yang berkunjung bersama istrinya untuk menekankan perdamaian  umat beragama pada 10 November 2010.

Almarhum pernah menimba ilmu di Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Riyadh, Saudi Arabia, sampai meraih ijazah license, 1980. Di kota yang sama almarhum melanjutkan ke Universitas King Saud, Jurusan Tafsir dan Hadis, sampai tamat dengan memperoleh ijazah Master, 1985.

Pulang ke tanah air, almarhum mengajarkan ilmunya di sejumlah lembaga pendidikan seperti Institut Ilmu al-Quran (IIQ), Institut Studi Ilmu al-Quran (ISIQ/PTIQ), Pengajian Tinggi Islam Masjid Istiqlal, Pendidikan Kader Ulama (PKU) MUI, Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STIDA) al-Hamidiyah, dan IAIN Syarif Hidayatullah. Pada  tahun 1989, almarhum bersama keluarganya mendirikan Pesantren “Darus-Salam” di desa kelahirannya, Batang Jawa Tengah.

Selain menjadi pengasuh Pondok Pesantren DarusSunah di Ciputat, almarhum juga pernah aktif sebagai Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI. Kurang lebih empat bulan setelah melepas jabatan sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal pakar ilmu hadis ini berpulang ke Rahmatullah. Menurut informasi, hari ini jenasah di semayamkan di rumah duka, Pondok Pesantren DarusSunah, Jl. SD Inpres, Pisangan, Ciputat.

 

Tom/ Edy/Islam indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *