Satu Islam Untuk Semua

Monday, 27 February 2017

Berikut Susunan Acara Temu Bilateral Raja Salman di Istana Bogor


Berikut Susunan Acara Temu Bilateral Raja Salman di Istana Bogor

islamindonesia.id – Berikut Susunan Acara Temu Bilateral Raja Salman di Istana Bogor

 

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (1/3/2017) mendatang. Raja Salman dijadwalkan tiba di Istana Bogor pada pukul 13.15 WIB.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan Raja Salman diperkirakan tiba dari Bogor setelah mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma. Setelah tiba di Bogor, ia akan disambut oleh serangkaian upacara kenegaraan.

Sambutan awal dilakukan oleh anak-anak SD yang membawa bendera serta pasukan Paspampres yang naik kuda.

“(Penyambutan) dari depan gate depan Hotel Salak. Kuda mulai dari sana. Urut-urutannya kuda, paspampres, tradisional, drumband, mobil, baru Paspampres,” ujar Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala di ruangannya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/2/2017).

Setelah masuk ke Kompleks Istana Bogor, Raja Salman dan rombongan langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo. Raja Salman akan disambut dengan upacara kenegaraan yang biasa dilakukan saat ada kunjungan bilateral dari negara lain.

Dalam upacara itu, akan ada dentuman meriam sebanyak 21 kali. Seperti upacara penyambutan pada umumnya, lagu kebangsaan kedua negara akan diperdengarkan. Raja Salman dan Presiden juga akan memeriksa barisan pasukan yang berjejer di halaman Istana Bogor.

Setelah selesai upacara penyambutan, Djumala mengatakan Raja Salman langsung mengisi buku tamu. Presiden dan Raja Salman kemudian langsung ngobrol santai berdua atau melakukan ‘veranda talk.’

Setelah itu, Raja Salman dan Presiden akan langsung melakukan pertemuan bilateral dengan para delegasi dan diakhiri dengan penandatanganan nota kesepahaman. Acara kemudian dilanjutkan dengan makan siang.

Yang berbeda, setelah makan siang, Raja Salman dan Presiden Jokowi akan menanam pohon bersama. Jumlah pohon yang ditanam hanya dua, satu ditanam oleh Jokowi dan satu oleh Raja Salman. Acara diperkirakan selesai pada pukul 16.00 WIB.

“Standar banget upacaranya, penyambutan, ngisi buku, nanam pohon di halaman belakang sayap kiri. Jenis pohonnya belum tahu,” ujar Darmansjah.

Setelah itu, kedua kepala negara akan menggelar jumpa pers dan rangkaian acara usai. Raja Salman akan langsung kembali ke tempat menginap di Jakarta.

Dalam pertemuan bilateral di Istana Bogor, kata Darmansjah, Raja Salman akan membawa serta 36 delegasi. Terdiri dari raja, 10 menteri, dan 25 pangeran.

“Yang resmi diterima Presiden itu raja dan 10 menteri serta 25 pangeran. Delegasi resminya 36 orang itu,” tuturnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *