Satu Islam Untuk Semua

Monday, 22 June 2015

Benarkah Kiamat sudah Dekat?


barren_landscape

Nyaris setengah dari makhluk hidup di bumi ini mengalami kepunahan dan kematian. Dan manusia adalah penyebab sekaligus korban pertamanya. Demikian hasil sebuah studi kalangan ahli di tiga universitas di Amerika Serikat –Universitas Standford, Unversitas Princeton dan Universitas California, Berkeley, seperti dilansir situs Business Insider.

Studi itu menyebutkan, berbagai hewan saat ini mengalami kematian seratus kali lebih cepat daripada lazimnya dan ironisnya manusia akan menjadi korban pertama dari fenomena ini. Hasil studi ini sebenarnya mirip dengan sebuah studi yang dimuat majalah Science, 25 Juli 2014.

Hasil studi mengungkapkecepatan kepunahan hewan bertulang belakang mencapai 114 kali lebih tinggi dari normal. Kecepatan itu sangat tinggi dan menjadi petunjuk bahwa kepunahan massal sedang terjadi.

Menurut ilmuwan, sejak 1900, sekitar 400 jenis vertebrata punah. Normalnya, kepunahan sejumlah vertebrata itu membutuhkan waktu sekitar 10.000 tahun.

Penulis “The Sixth Extinction: An Unnatural History”, Elizabeth Kolbert, memperingatkan fenomena serupa. Buku yang ditulisnya, setelah menemukan punahnya ratusan spesies di Panama, menyimpulkan realitas serupa.

Menurut Kolbert, fenomena kepunahan yang sedang terjadi pada berbagai spesies ini mirip dengan kepunahan yang terjadi pada dinosaurus 66 juta tahun silam. Bedanya penyebab kepunahan dinosaurus adalah asteroid yang menghantam bumi sedangkan kepunahan babak keenam ini akan disebabkan oleh manusia, katanya.

Boleh jadi semua studi di atas belum memberikan kesimpulan yang final dan membutuhkan pada verifikasi yang lebih tajam. Tapi observasi sehari-hari atas lingkungan hidup di sekitar kita sebenarnya dapat meyakinkan kita akan betapa dahsyat kehancuran fisik dan non-fisik yan terjadi di dunia ini.

Islam sebagaimana semua agama lain percaya bahwa kehidupan bumi ini akan berakhir. Dan menurut al-Qur’an, salah satu penyebab kerusakan di bumi ini adalah tangan manusia. Allah berfirman: “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS 30: 41).

MH/Berbagai Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *