Satu Islam Untuk Semua

Friday, 03 March 2017

Benarkah Ada Cicit Tokoh NU dalam Rombongan Raja Salman?


Benarkah Ada Cicit Tokoh NU dalam Rombongan Raja Salman

islamindonesia.id – Benarkah Ada Cicit Tokoh NU dalam Rombongan Raja Salman?

 

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud, membawa 1.500 orang dalam rombongannya ke Indonesia. Dalam rombongan itu, ada satu yang tidak berparas seperti orang Timur Tengah, melainkan wajahnya justru serupa penduduk Asia Tenggara. Dia adalah Adil Makki, perwakilan Kamar Dagang Arab Saudi.

Adil yang berkewarganegaraan Arab Saudi merupakan cicit dari Kiai Haji Zainul Arifin, tokoh Nahdlatul Ulama dan mantan Wakil Perdana Menteri Kabinet Ali Sastroamijoyo I. Cucu Zainul yang bernama Siti Zuhara adalah ibu Adil. Sedangkan ayah Adil merupakan warga negara Arab Saudi.

Laki-laki berusia 33 tahun ini, lahir dan besar di Arab Saudi. Namun, dia bisa berbahasa Indonesia. Sang ibu selalu membiasakan Adil kecil berbicara dengan tutur kata dari tanah kelahirannya.

“Cuma bahasa Indonesia yang tidak formal, dia kurang mengerti,” kata Ario Helmy, paman Adil Makki yang tinggal di Jakarta.

Saat ini, Adil yang memiliki perusahaan Adil Makki Contracting Company (AMCO) menjadi mitra BUMN Indonesia dalam beberapa proyek.

“Membuka jalan bagi PT Wijaya Karya untuk mengembangkan proyek-proyek usaha kontraktor mereka di Arab Saudi, di antaranya meliputi pembangunan hotel, pusat perbelanjaan dan kompleks perkantoran,” ujar Ario.

Selama Raja Salman di Indonesia, Adil hanya mengikuti acara yang berlangsung di Jakarta. Ketika rombongan bertolak ke Bali, dia akan pulang ke Arab Saudi.

“Hanya empat malam dia di sini. Setelah selesai acara di Saudi-Indonesia Council, dia akan kembali ke Jeddah. Ada International Expo di sana,” kata Ario.

Ario menyebutkan keluarganya sudah merencanakan pertemuan dengan Adil. Temu kangen antara keturunan Zainul Arifin itu akan berlangsung pada Sabtu (4/3). “Tempatnya belum diberi tahu,” sebutnya.

 

EH / islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *