Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 01 February 2018

Belajar Cara Tangani Konflik, Front Pembebasan Islam Moro Temui JK


Belajar Cara Tangani Konflik, Front Pembebasan Islam Moro Temui JK

islamindonesia.id – Belajar Cara Tangani Konflik, Front Pembebasan Islam Moro Temui JK

 

Front Pembebasan Islam Moro (MILF) yang saat ini tengah berupaya menggalang perdamaian antara kelompok bersenjata dan tentara Filipina di Mindanao, sengaja datang ke Indonesia untuk bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla dan meminta saran dalam menangani konflik yang hingga saat ini masih terjadi di negara mereka.

“Mereka berdiskusi, mencari pengalaman yang baik dan juga beliau baru dari Aceh melihat perkembangan karena banyak kemajuan yang ingin dipelajari di Indonesia,” kata Wapres Jusuf Kalla usai menerima delegasi MILF dan UNDP di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Wapres memberikan masukan mengenai pengalamannya mewujudkan perdamaian di Aceh ketika konflik terjadi antara kelompok separatis bersenjata dan TNI.

“Ya tentu bagaimana pengalaman kita bahwa setiap perdamaian misi pertama saling menghormati, kedua mesti ada komprominya apa. Kita mau bantu mereka, sampai sekarang masih ada 10 tim monitoring kita di Manila,” kata Jusuf Kalla.

Sementara itu Ketua MILF, Murad Ebrahem mengatakan pihaknya ingin bercermin dari Indonesia dalam upaya menciptakan perdamaian di daerah-daerah konflik, khususnya Aceh.

Perwakilan MILF bersama dengan UNDP dan Kementerian Luar Negeri juga telah mengunjungi Aceh untuk melihat perkembangan daerah tersebut setelah mencapai kesepakatan perdamaian.

“Kami datang ke sini untuk belajar dari pengalaman Pemerintah Indonesia, khususnya kepada Wapres, dalam menangani Aceh. Kami tengah mengalami situasi yang sama, dan kami sudah berkunjung ke Aceh dan kami sangat terkesan dengan apa yang terjadi di sana setelah tsunami dan konflik,” kata Ebrahem.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *