Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 26 December 2017

Begini Tradisi Kerukunan Antarumat Beragama di Minahasa Tenggara


church_and_mosque

islamindonesia.id – Begini Tradisi Kerukunan Antarumat Beragama di Minahasa Tenggara

 

Sejumlah pemuda Muslim di Kabupaten Minahasa Tenggara ikut berpartisipasi menjaga ibadah perayaan Natal umat Kristiani di sejumlah gereja 25-26 Desember.

“Secara bergiliran ikut berpartisipasi menjaga keamanan di beberapa gereja,” kata Tokoh Pemuda Muslim Minahasa Tenggara Rusli Mamonto di Ratahan, Selasa.

Dia mengungkapkan, aksi tersebut dilakukan oleh para pemuda Muslim di seluruh Minahasa Tenggara setiap tahun.

“Kegiatan ini seakan sudah menjadi tradisi bagi untuk ikut berpartisipasi menjaga keamanan dan kenyamanan saudara kami umat Nasrani yang merayakan Natal,” katanya.

Lebih kata Rusli, kegiatan tersebut merupakan aksi spontan yang dilakukan oleh para pemuda Muslim sebagai bentuk toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

“Karena begitu pun sebaliknya jika kami umat Muslim merayakan Idul Fitri, umat Nasrani dengan spontan juga ikut terlibat menjaga keamanan kami saat beribadah. Ini kami di Minahasa Tenggara yang sangat menghargai kerukunan antar umat beragama,” tandasnya.

Sementara itu Juru Bicara Pemkab Minahasa Tenggara Franky Wowor mengungkapkan, solidaritas antar umat beragama di Kabupaten Minahasa Tenggara sudah terjaga sejak lama oleh masyarakat.

“Kami di Kabupaten Minahasa Tenggara sangat menghargai dan menghormati antar umat beragama. Sehingga setiap ada hari besar keagamaan, semua terlibat dan berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban,” katanya

 

 

YS/IslamIndonesia/Sumber: Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *