Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 21 June 2017

Begini Tradisi Bukber Ala Komunitas Muslim Jepang


islamindonesia.id – Begini Tradisi Bukber Ala Komunitas Muslim Jepang

 

Berbuka puasa bersama atau yang dikenal dengan istilah bukber lazim dilakukan masyarakat Indonesia. Ritual tersebut tidak hanya dilakukan dengan sesama umat Islam, tetapi juga dengan umat agama lainnya.

Situasi di Jepang, khususnya Prefektur Gifu, juga tidak jauh berbeda. Komunitas Muslim setempat sering mengadakan buka puasa. Bahkan di Masjid Raya Gifu, acara buka bersama diadakan hampir setiap hari. Setidaknya begitu yang dikisahkan warga negara Indonesia (WNI) bernama Diana Hapsari.

“Buka puasa setiap hari di Masjid Gifu ada. Setiap hari minggu, ada buka puasa besar-besaran. Pas buka puasa besar-besaran itu juga mengundang orang Jepang untuk ikut berbuka juga,” terang perempuan berusia 28 tahun itu.

Diana menambahkan, dalam acara buka puasa besar-besaran tersebut ada tim khusus yang menyediakan makanan. Biasanya, tim tersebut ditunjuk secara bergiliran di antara komunitas Muslim setempat yang mayoritas adalah ekspatriat, untuk menyediakan makanan.

“Indonesia dapat giliran pada 4 Juni lalu bersama komunitas Muslim Malaysia untuk menjamu hidangan berbuka. Kemudian berganti giliran komunitas Pakistan, Bangladesh, Mesir, dan Arab Saudi. Dua negara disebut terakhir mendominasi kegiatan di Masjid Gifu,” tukas perempuan asal Purworejo, Jawa Tengah itu.

Buka puasa juga sering diadakan oleh perwakilan Indonesia di Jepang baik itu Kedutaan Besar yang berkedudukan di Tokyo, maupun Konsulat Jenderal. Semenjak kehadiran masjid Indonesia di Tokyo, komunitas WNI yang berada di sana, kata Diana, hampir setiap hari mengadakan acara buka bersama.

Perempuan lulusan Fakultas Pertanian Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) itu mengaku kangen dengan sirup khas Indonesia serta makanan berbuka puasa. “Yang dikangenin dari Indonesia itu sirup dan buka puasa dengan es buah, es teler, dll.,” tukas perempuan kelahiran 23 Mei 1989 tersebut.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *