Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 17 January 2017

Beasiswa 5 Miliar untuk para Penghafal Al-Quran


Beasiswa 5 Miliar untuk para Penghafal Al-Quran

islamindonesia.id – Beasiswa 5 Miliar untuk para Penghafal Al-Quran

 

Tahun ini Pemprov Jawa Barat (Jabar) telah menyiapkan anggaran sebesar 5 Miliar untuk beasiswa bagi para siswa yang mampu menghafal minimal 15 juz Al-Qur’an. Jumlah itu merupakan sebagian dari total anggaran beasiswa yang besarnya mencapai 40 Miliar.

Jadi, dari total anggaran itu, sebanyak 5 Miliar disiapkan untuk siswa pengahafal minimal 15 juz Al-Qur’an, 5 Miliar untuk beasiswa bagi para mahasiswa Jabar yang saan ini sedang menempuh kuliah di Universitas Al-Azhar, Mesir, sedangkan 30 Miliar sisanya akan diberikan kepada para mahasiswa berprestasi yang masuk dalam program Penghargaan Atlet Guru dan Tenaga Medis (PAGM).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Ahmad Hadadi menyatakan bahwa beasiswa yang dialokasikan tersebut bisa digunakan oleh para mahasiswa di seluruh perguruan tinggi negeri di Jabar.

Selanjutnya Pemprov Jabar mengungkapkan bahwa pemberian beasiswa untuk para penghafal Al-Qur’an ini bukan tanpa alasan. Diyakini, siapapun yang bisa hafal Al-Qur’an sudah pasti termasuk orang yang cerdas dan pintar. Karena itulah mereka pantas diberi beasiswa melalui jalur ini.

Kesempatan ini pantas diambil oleh kalangan pelajar dan mahasiswa Muslim di Jabar. Bagi yang berminat, silakan menghubungi Dinas Pendidikan setempat.

Sebelumnya, juga pernah ada beasiswa serupa di Provinsi Jawa Timur (Jatim), tapi tidak terbatas kepada para mahasiswa Muslim yang mampu menghafal Al-Qur’an saja, melainkan semua mahasiswa dari beragam agama yang mampu menghafal Kitab Suci masimg-masing. Beasiswa ini merupakan gagasan brilian dari pihak Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya.

[Baca: Beasiswa Penghafal Kitab Suci, Terobosan Baru Unair Tahun ini]

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *