Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 20 May 2017

Bandung Lautan Mengaji Diikuti Belasan Ribu Orang


islamindonesia.id – Bandung Lautan Mengaji Diikuti Belasan Ribu Orang

 

Perhelatan ‘Bandung Lautan Mengaji’ di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, Sabtu (20/5/2017), diikuti oleh belasan ribu orang dari berbagai pondok pesantren se-Jawa Barat. Acara ini merupakan salah satu rangkaian dalam menyambut bulan suci Ramadhan, yang digelar dengan tujuan kembali mengingatkan masyarakat bahwa Al-Qur’an dan bulan Ramadhan ini tak terpisahkan.

Sekretaris Koordinator Wilayah (Korwil) Nusantara Mengaji Ahmad Irfan Alawi menjelaskan ada sekitar 13.350 peserta yang hadir dalam acara tersebut. Kesemuanya memadati Masjid Raya Bandung sejak pukul 03.00 WIB. “Kita memulai Ramadhan dengan khataman Qur’an. Jadi dengan khataman diharapkan Al-Qur’an menjadi jiwa kita saat kita masuki bulan Ramadhan,” ujarnya.

Rangkaian acara yang berlangsung dari pukul 03.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB di antaranya Shalat Tahajud, Khataman Al‎-Qur’an, Shalat Subuh berjamaah, dilanjut doa Khatmil Qur’an, hingga aksi jalan sehat ke Lapangan Tegalega atau Tugu Bandung Lautan Api (TBLA) yang kemudian dilanjutkan orasi dan pentas seni. Selain itu, para peserta juga melantunkan doa dan zikir di bawah terik matahari.

Beberapa tokoh seperti ‎inisiator Nusantara Mengaji A Muhaimin Iskandar, Koordinator Nasional Nusantara Mengaji Jazilul Fawaid, serta Koordinator Wilayah Nusantara Mengaji Cuncun A Syamsurijal pun tampak hadir dalam acara tersebut.

Cuncun A Syamsurijal menjelaskan acara ini merupakan bentuk ikhtiar Nusantara Mengaji untuk kembali menyatukan seluruh umat Islam, khususnya di Jawa Barat.

“Ini merupakan ikhtiar untuk menyatukan umat yang belakangan ini cenderung individualistis, saling mengibarkan bendera mereka masing-masing, saling merasa benar. Kita harapkan ridha dan petunjuk Sang Ilahi di sini, semoga dapat bimbingan,” harapnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *