Satu Islam Untuk Semua

Monday, 16 February 2015

Balas Pembantaian Warga Kristen Koptik, Mesir Gempur Markas ISIS di Libya


Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi

Setelah Yordania menggempur sejumlah posisi ISIS di Irak dan Suriah, kini giliran Mesir beraksi. Kairo menerangkan bahwa aksi bombardir kali ini sebagai reaksi eksekusi mati ISIS atas 21 orang warga Koptik Mesir.

Dalam pernyataannya, markas besar militer Kairo menyebutkan bahwa “armada udara pada hari Senin telah melakukan rangkaian serangan udara terpusat atas kamp ISIS di Libya, tempat yang digunakan sebagai titik kumpul dan latihan, dan gudang-gudang penyimpanan senjata.”

“Serangan-serangan udara itu mengenai sejumlah sasaran dengan tepat, dan para elang (baca: pilot pesawat tempur) telah kembali pulang dengan selamat,” ujar pernyataan tersebut.

Televisi resmi Mesir memperlihatkan potongan gambar jet-jet tempur yang melakukan operasi serangan udara tersebut.

Operasi militer ini terjadi sehari setelah Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi menyatakan dalam pidato kenegaraan bahwa Kairo bakal mengambil “cara dan waktu yang tepat untuk membalas aksi pembunuhan kriminal yang telah dilakukan.”

Sementara itu, televisi resmi MENA sehari sebelumnya menyitir pernyataan jubir Gereja Koptik yang mengkonfirmasi bahwa 21 korban yang tampak dalam video penyembelihan oleh ISIS adalah warga Kristen Koptik yang diculik beberapa waktu sebelumnya.

(RR/Islam Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *