Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 23 June 2012

“Bait Surau” Siap Jadi Tontonan Ramadan


KETUA PP Muhammadyah Dien Samsudin saat memberikan sambutan pada konferensi pers film

BANDUNG- Satu lagi film bergenre religius akan disuguhkan kepada pemirsa film Indonesia. Kali ini berjudul “Bait Surau” besutan sutradara Kuswara Sastra Permana. Dengan para pemain Cok Simbara, Rio Dewanto, Ihsan Taroreh, Astri Nurdin, Tahta Perlawanan, Nurul Ekasari, Taufan Turbo, dan putri pariwisata Indonesia Mellisa Latar. 

Sutradara Kuswara Sastra Permana didampingi Ketua Umum Pengurus Muhammadiyah Dien Samsudin beserta para pemain, saat bertemua wartawan, di Hotel Horison, Kamis (21/6) malam, mengatakan, film ini mengambil tempat di kawasan Malingping, Pelabuhan Ratu, dan beberapa kawasan Pantura lainnya. Pemilihan lokasi diharapkan dapat memberikan warna yang lebih Indonesia dengan keindahan berbagai pelosok negeri yang belum tergarap.

Film yang merupakan produksi pertama Two Synergy Publisher bekerja sama dengan PP Muhammadiyah ini, bercerita tentang kehidupann keseharian masyarakat kampung berlatar belakang nelayan. Dengan mengusung pesan moral tentang salat, mengaji, dan alam akhirat yang akan dijelang setelah alam kehidupan.

“Kita ingin mengajak penonton melihat sisi lain dari sosok haji dan Islam. Ceritanya biasa tetapi dengan taglinenya sebagai solusi untuk negeri,” ujarnya.

Sementara itu, Dien Samsudin saat memberikan sambutannya mengatakan, di dalam paradigma Islam, seni dipandang tidak hanya untuk seni. Seni tidak hanya untuk keindahan atau seni untuk kebebasan. Tetapi seni merupakan sarana pengabdian ibadah kepada Allah SWT. Film “Bait Surau” mengingatkan manusia untuk memelihara sarana ibadah yang selama ini masih banyak terabaikan. Mengajak penontonnya untuk memberi solusi bagi negeri. Sesuai taglinenya bahwa hasil dari film ini akan disumbangkan bagi perbaikan sarana ibadah dan sarana pendidikan sebagai bentuk pengabdian antarsesama.

“Jadi sangat beralasan kalau saya mengimbau masyarakat luas, umat Islam, khususnya warga Muhammadiyah untuk beramai-ramai menonton film ini karena nantinya hasil penjualan film ini akan digunakan untuk kemaslahatan umat. Tapi tentu nontonnya harus sudah taraweh,” demikian Dien.

“Bait Surau” akan dirilis pada 19 Juli 2012 bersamaan dengan tibanya bulan Ramadhan. Film ini sekarang masih dalam proses finishing. Namun, sudah mendapat sambutan baik dari negara Brunnei Darussalam karena negra itu meminta untuk memutarkan film itu pasca pemutaran di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *