Satu Islam Untuk Semua

Friday, 07 November 2014

Bagaimana ISIS bisa Mendulang Puluhan Juta Dolar/Bulan?


Lupakan Al Qaeda, genk kartel narkotika Meksiko atau organisasi gelap manapun. Gerombolan Islamic States of Iraq and Syria telah membaptis dirinya sebagai kelompok ekstrimis paling kaya di dunia, dengan penghasilan puluhan juta dolar per bulan dari bisnis gelap minyak mentah, penyanderaan dan pemalakan massif, kata sejumlah peneliti pekan lalu 

Pejabat senior lembaga riset Carnegie Endowment for International Peace, Marwan Muasher, bilang ISIS kini patt menyandang gelar “organisasi teroris yang paling kaya dan paling canggih sistem keuangannya.”

Dengan aneka taktik pengumpulan dana, kelompok ini bisa menghasilkan puluhan juta dolar per bulan, katanya.

Dari penjualan minyak dari ladang yang mereka caplok, ISIS bisa memompa 50.000 barel minyak per hari dan menjualnya di pasar gelap dengan harga diskon. “Makelarnya termasuk sejumlah pebisnis dari Turki, yang mengambil minyak dari Irak lalu menjualnya kembali saat tiba di Turki,” katanya.

Senada dengan itu, seorang pejabat senior Kementrian Keuangan Amerika Serikat, David Cohen, bilang ISIS setidaknya mendulang US$ 1 juta per hari dari penjualan minyak mentah di ladang-ladang yang mereka kuasai di kawasan Irak dan Suriah.

 “Tak ada peluru perak, tak ada senjata rahasia yang bisa menguras kas ISIS dalam semalam,” kata Cohen memperkirakan panjangnya durasi kisruh berdarah di Suriah dan Irak. “Kita masih di tahap awal saat ini.”

ISIS juga tercatat mengantongi sekitar US$ 20 juta pada awal 2014 dari bisnis penculikan, utamanya kalangan jurnalis dan warga Eropa yang terjebak di Irak dan Suriah.

Selain itu, gerombolan yang sama juga aktif memalak perusahaan, pejabat birorkasi dan hampir semua bisnis di kota-kota yang mereka kuasai. 

(Andi/AlAhedNews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *