Satu Islam Untuk Semua

Monday, 03 March 2014

B.J. Habibie: Dua Jalur Ini Bentuk Manusia Unggul


www.klikpositif.com

Dari semua hal, pengetahuan adalah yang paling baik, karena ia tidak dapat dicuri, tidak dapat dibeli, dan tidak dapat dihancurkan.–(Hitopadesa).


Ada dua jalur untuk membentuk manusia unggul, yakni pendidikan dan pembudayaan. Hal tersebut dikatakan B.J. Habibie saat menjadi pembicara tunggal pada acara Inspiring Speech yang diadakan oleh MAN IC Gorontalo, Minggu (02/03).

“Untuk menjadi manusia yang unggul dibutuhkan jalur pembudayaan dan pendidikan,” tegasnya seperti dikutip dari Kemenag.go.id. pada Senin (03/03).

Menurutnya, membentuk manusia unggul melalui jalur pembudayaan tidak terlepas dari faktor agama dan budaya bangsa. Melalui jalur pembudayaan, ia berharap akan terlahir manusia yang beriman, bertakwa, dan berbudaya.

“Jalur pembudayaan, masukannya adalah budaya dan agama. MAN IC Gorontalo agamanya berpegang pada Al-Qur’an dan as-Sunnah. Budayanya berpegang pada budaya masing-masing. “Ke depan, MAN IC Gorontalo akan menjadi terbuka, siapa saja bisa masuk ke sini, dari budaya manapun,” jelasnya.

Selain jalur pembudayaan, manusia unggul juga harus diciptakan melalui jalur pendidikan, dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui jalur ini, ia yakin akan terlahir calon-calon pemimpin bangsa dengan kompetensi dan kualifikasi pengetahuan yang mumpuni, serta profesional dalam menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi.

“Jalur pendidikan, masukannya adalah informasi pengetahuan dan teknologi. Hasilnya adalah manusia yang mampu berpikir sistematis, konsisten dan memiliki komitmen untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional,” kata B.J. Habibie.

 

Sumber: Kemenag.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *