Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 01 August 2013

ASG Bebaskan Sandera Muslim Di Sulu


Seorang sandera yang selama ini ditahan oleh kelompok gerilyawan Abu Sayyaf  (ASG) dibebaskan setelah pihak keluarga memberikan sejumlah uang tebusan.Alrashid Maha Rojas (56) dibebaskan tanpa cidera sedikit pun pada  Rabu (31/7) di Provinsi Sulu, Filipina selatan.

Petugas dari Pusat Studi Islam di Western Mindanao State University (WMSU) itu dibebaskan oleh anggota Abu Sayyaf yang dipimpin oleh Hatib Susukan pada pukul 03.00 waktu setempat di pusat kota Jolo. Sebelumnya lelaki paruh baya tersebut diculik pada 22 Juni dari tempat tinggalnya di Desa Campo Islam, Zamboanga dan kemudian dibawa ke Sulu.

Pihak Kepolisian setempat yang diberitahu  tentang pembebasan Rojas kemudian  segera bergerak dan usai  menemukan korban lalu membawanya ke markas polisi untuk diinterogasi  sekaligus dicek kesehatannya oleh dokter kepolisian.

Kelompok Abu Sayyaf adalah salah satu sempalan dari Front Pembebasan Islam Moro (MILF). ASG yang berkekuatan sekitar 380 gerilyawan itu dibentuk pada awal 1990-an dan memilih Filipina selatan sebagai wilayah operasinya.

ASG  dikenal sebagai kelompok garis keras yang para anggotanya menghalalkan penculikan, pemboman,  pembunuhan, dan pemerasan, untuk memperjuangkan ide-idenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *