Satu Islam Untuk Semua

Friday, 10 March 2017

Apa Arti Potongan Ayat di Kiswah Hadiah Raja Salman untuk Istiqlal?


Apa Arti Potongan Ayat di Kiswah Hadiah Raja Salman untuk Istiqlal

islamindonesia.id – Apa Arti Potongan Ayat di Kiswah Hadiah Raja Salman untuk Istiqlal?

 

Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud memberikan potongan kiswah untuk Masjid Istiqlal dalam kunjungannya beberapa waktu lalu. Dalam kiswah itu, ada potongan ayat Alquran yang ditulis dalam kaligrafi dan disulam menggunakan benang emas asli. Apa arti ayat tersebut?

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan potongan kiswah tersebut ditulisi Surat Al-Baqarah ayat 125. Hadiah dari Raja Salman itu istimewa karena pernah dipasang sebagai penutup Kakbah.

“Ada 5 hal yang istimewa dalam peristiwa kali ini. Pertama, yang akan kita resmikan adalah pemasangan ayat suci Alquran. Tentu kita sama tahu ayat suci acuan, pedoman kita bersama bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan. Dan ayat suci Al-Baqarah ayat 125 inilah yang nanti akan kita resmikan dipasang,” ujar Lukman saat mengisi sambutannya di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (10/3/2017).

Bunyi Surah Al-Baqarah ayat 125 dalam potongan kiswah tersebut adalah:

“Dan (ingatlah) ketika Kami menjadikan rumah (Kakbah) tempat berkumpul dan tempat yang aman bagi manusia. Dan jadikanlah makam Ibrahim itu tempat salat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahimn dan Isma’il, ‘Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang itikaf, orang yang rukuk, dan orang yang sujud.”

Kiswah yang telah dibingkai dengan warna emas tersebut dipajang di dinding depan dari bagian dalam Masjid Istiqlal. Letak pemajangannya tepat berada di samping mimbar khatib.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *